TNBNW Gelar Pelatihan Perempuan Inspiratif Mitra Polhut

Bagikan Artikel Ini:

TNBNW Gelar Pelatihan Perempuan Inspiratif Mitra Polhut
BERITATOTABUAN.COM, Bolmong – Balai Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (TNBNW) mengelar Pelatihan pembentukan Perempuan Inspiratif Mitra Polhut, Kamis (08/10/2020), di Hotel Sutan Raja Kotamobagu.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Bolaang Mongondow diwakili Asisten I Deker Rompa menyampaikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan.

“Saya menyambut baik sekaligus memberikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan pelatihan dan pembentukan perempuan inspiratif mitra Polhut,” ujar Deker.

Dikatakan Deker, hal itu merupakan wujud kepedulian semua pihak selaku penanggungjawab konservasi kawasan hutan lindung yang ada di Kabupaten Bolmong, di mana pengamanan hutan tidak hanya dilakukan oleh aparat kehutanan melainkan didukung oleh masyarakat sekitar hutan.

“Kelompok masyarakat sekitar hutan yang membantu polisi kehutanan dalam pelaksanaan perlindungan hutan di bawah koordinasi pembinaan dan pengawasan dari instansi Pembina yaitu instansi kehutanan pusat dan daerah,” tutur Deker.

Dengan dilibatkannya perempuan, Deker berharap mereka dapat turut serta menjaga wilayah konservasi hutan.

“Nanti ibu-ibu pasti bisa memberikan pemahaman dan mengajak bapak-bapak untuk bersama,” ucap Deker.

Terpisah, Kepala TNBNW drh Supriyanto mengatakan, lewat pelatihan tersebut pihaknya akan mencoba menyelesaikan permasalahan terkait pengelolaan kawasan, seperti perburuan liar dan perambahan hutan.

“Ini sisi pendekatan lain yang dilakukan oleh para perempuan untuk dapat mensosialisasikan program, semoga dengan pendekatan baru ini bisa meningkatkan tingkat keberhasilan,” ungkap Supriyanto.

Menurut Supriyanto, para perempuan yang mengikuti pelatihan tersebut sebanyak 15 orang, di mana mereka sudah melalui proses seleksi di semua resor wilayah.

“Kita ada 11 resor dan seksi wilayah, dan mereka adalah representasi dari semua resor wilayah tersebut,” imbuh Supriyanto.

Sementara untuk waktu pelaksanaan, lanjut Supriyanto, berlangsung sampainpekan depan.

“Pelatihannya sampai tanggal 15 Oktober nanti, yang selain dilaksanakan di Hotel Sutan Raja Kotamobagu, juga akan dilaksanakan di wilayah TNBNW untuk lebih mendekatkan peserta ke lapangan,” demikian Supriyanto. (udi)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.