Tokoh Masyarakat Beri Penjelasan Soal Kekisruhan Yang Terjadi di Tanoyan

Bagikan Artikel Ini:

 

Tokoh Masyarakat beri penjelasanBERITATOTABUAN.COM, LOLAYAN – Salah satu tokoh masyarakat beri penjelasan soal kelisurahan yang sempat terjadi di wilayah mereka, sehingga mengakibatkan salah seorang warga Desa Tungoi meninggal dunia.
Dimana, dari penjelasan Wiwin Ansi selaku tokoh masyarakat beri penjelasan, mengungkapkan kalau belum adanya penetapan tapal batas antara Desa Tanoyan Selatan dan Desa Tapa Aog, Kecamatan Lolayan,di wilayah pertambangan potolo, menimbulkan keresahaan antara warga yang beraktivitas di sana.
Adapun kata Wiwin Ansi, awal kejadian dari kekisruhan pada tanggal 25 Desember 2021 tersebut, adalah pemberitahuan warga tanoyan melalu portal jalan kepada penambang yang akan beraktivitas di wilayah pertambangan emas potolo.
Dimana, menurut penjelasan Wiwin, diketahui kalau hal itu dilakukan sebagaimana himbauan dari pemerintah desa Tanoyan Selatan.
“Portal jalan yang dilakukan masyarakat tanoyan di dasari dengan himbauan dari pemerintah desa tanoyan selatan pada tanggal 23 Desember 2021. Dimana, himbauan itu dikeluarkan pemerintah desa Tanoyan Selatan, sesuai dengan hasil rapat antara Camat Lolayan dan Empat Desa yang berkaitan, bersepakat untuk pemberhentian aktivitas tambang di wilayah potolo dihentikan sementara, sambil menunggu penetapan tapal batas oleh Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow. Namun hasil dari kesepakatan tersebut kemungkinan belum disampaikan oleh kedua sangadi,yaitu sangadi tungoi 1 dan 2,” jelas Wiwin.
Hasil rapat yang disepakati di Kantor Camat antar 4 desa yang ada di Kecamatan Lolayan, kata Wiwin ikut didukung juga oleh masyarakat setempat. “Masyarakat juga bersepakat menghentikan aktivitas tambang di wilayah potolo untuk meredam ketegangan antara warga penambang, terlebih khusus Desa Tanoyan Eelatan dan Desa Tungoi, yang sebelumnya sempat bersitegang di lokasi pertambangan tersebut,” tambahnya.
Wiwin Ansi mengungkapkan, usai sholat Jumat pada tanggal 24 Desember 2021, pemberitahuan warga terkait pelarangan aktivitas penambangan di wilayah potolo berjalan sesuai dengan yang diharapkan. “Beberapa warga Desa Tungoi yang ingin melakukan aktivitas pertambangan di potolo, mengindahkan dan menerima pelarangan warga, serta memilih untuk kembali ke desanya,” tuturnya.
Benih kekisruhan masih kata Wiwin trhadi ketikd.sore hari, menjelang magrib. “Sore itu, menjelang magrib ,uaya pemberitahuan warga Tanoyan Selatan terkait pelarangan aktivitas tambang potolo mulai mendapat respon yang tidak baik dari warga Desa Tungoi yang tidak menerima adanya penghentian aktivitas. Beberapa warga disekitar tempat kejadian, menggambarkan secara umum bahwa, portal yang menjadi simbol pemberitahuan dan pemberhentian aktivitas sementara, dirusak menggunakan parang oleh sejumlah kelompok masyarakat yang diduga berasal dari Desa Tungoi yang tidak terima dengan pelarangan itu, Bahkan beberapa fasilitas masyarakat berupa warung, depot bensin, yang ada di sekitar portal jalan, di rusak oleh masa dari juga, sehingga menimbulkan kemarahan oleh warga sekitar yang membuat situasi semakin tidak kondusif,” ungkap Wiwin Ansi.
Kondisi tersebut kata Wiwin, dari keterangan beberapa warga yang berada di lokasi kejadian, masih bisa diredam oleh tokoh masyarakat, pihak TNI-Polri dan sejumlah perangkat Desa Tanoyan Selatan yang ada di lokasi kejadian, sehingga sejumlah warga Desa Tungoi memilih kembali di perbatasan antara Desa Tungoi dan Tanoyan Selatan. “Berjalan waktu warga Tanoyan Selatan pun semakin banyak yang berkumpul di sekitar portal jalan, tidak tahu kenapa ada dua orang warga Desa Tungoi datang menerobos di tengah kerumunan massa untuk meminta ketemu dengan Sangadi (Kepala Desa) Tanoyan Selatan, sambil membawa sajam. Beberapa warga sudah memberitahukan kepada kedua warga tungoi tersebut,untuk kembali ke desanya,namun penyampain tersebut tidak diindahkan,” jelas Wiwin.
“Ditengah kerumunan warga, salah satu warga Desa Tungoi tersebut bersikeras untuk tetap ingin bertemu dengan sangadi Tanoyan Selatan, yang pada saat itu jauh dari kerumunan warga. Keadaan yang semakin panas mengakibatkan situasi yang tidak terkendali dan menimbulkan perkelahian antara salah satu warga Desa Tungoi yang telah ditinggalkan oleh temannya dengN massa yang berada di tempat kejadian. 6alam situasi itu salah satu warga Desa Tungoi tersebut melarikan diri dengan kondisi yang terluka dan berdarah. Selang beberapa waktu kemudian warga tanoyan dibantu oleh Aparat dari TNI-Polri dua kali melakukan pencarian, untuk mencari warga yang melarikan diri tersebut, dengan maksud untuk diselamatkan, namun tidak ditemukan. Nanti keesokan harinya Sabtu tanggal 25 Desember 2021 dapat ditemukan dalam keadaan meninngal dunia,” tambah Wiwin lagi.
Di akhir penjelasan wiwin menambahkan, selain potolo, pertambangan di Tanoyan telah beraktivitas sejak tahun 1986. “Banyak penambang dari luar desa yang keluar masuk di wilayah kami dan aman-aman saja, pada dasarnya masyarakat sangat membuka diri siapa saja yang datang bertambang di tanoyan, kejadian ini semoga menjadi pelajaran bersama untuk kita. untuk proses hukum kami menyerahkan penuh kepada yang berwajib,” tutupnya. (*)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.