Update Kamis 2 April 2020, ODP Bolmong Bertambah

Bagikan Artikel Ini:

Update Kamis 2 April 2020, ODP Bolmong Bertambah

BERITATOTABUAN.COM, Bolmong – Angka Orang Dalam Pemantauan (ODP) terkait Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) bertambah menjadi 13 setelah sehari sebelumnya ada di angka 10.

Data tersebut berdasarkan infografis yang dirilis secara resmi olah Dinas Kesehatan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong, Kamis, (02/04/2020), hari ini.

Menurut Kepala Bidang Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Pemkab Bolmong, Yusuf Detu,13 orang itu adalah mereka yang memiliki riwayat perjalanan dari daerah transmisi lokal.

“Saat ini, total pelaku perjalanan yang masuk ke Bolmong berjumlah 495 orang, dan 13 di antaranya sudah kita nyatakan sebagai ODP dan saat ini kesemuanya sedang melakukan isolasi mandiri,” ujar Yusuf.

Penetapan status ODP itu sendiri, dijelaskan Yusuf, berdasarkan pada riwayat perjalanan dan gejala yang dialami oleh orang tersebut.

“13 orang itu punya riwayat perjalanan dan memiliki gejala batuk, flu, atau ISPA ringan. Namun belum ada yang dinyatakan sebagai Pasien Dalam Pemantauan (PDP),” tutur Yusuf.

Yusuf menambahkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Pemerintah Desa dari warga yang dinyatakan masuk ODP, dalam upaya membantu melakukan pemantauan.

“Yang terpenting adalah dukungan dan juga kesadaran pelaku perjalanan yang memiliki gejala-gejala seperti itu agar segera memeriksakan diri, dan juga agar segera melakukan isolasi mandiri sesuai prosedur,” demikian Yusuf. (udi)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.