Yasti Terima Penghargaan Dari Menteri Agama RI

Bagikan Artikel Ini:
Yasti Terima Penghargaan Dari Menteri Agama RI

Bupati Yasti Mokoagow Terima Penghargaan Dari Menteri Agama RI / Foto Dokumentasi Dinas Kominfo Bolaang Mongondow

BERITATOTABUAN.COM, Bolmong – Bupati Bolmong, Yasti Soepredjo Mokoagow, Kamis (02/12/2021), menerima sertifikat penghargaan dari Menteri Agama Republik Indonesia (RI) Yaqut Cholil Qoumas.

Sertifikat tersebut diberikan atas partisipasi kepala daerah dalam mendukung program moderasi beragama dan penguatan fungsi penyuluh agama tingkat nasional.

Kegiatan itu sendiri, diserahkan disela-sela acara malam penganugerahan peserta terbaik pemilihan penyuluh agama Islam teladan PNS dan Non PNS Tingkat Nasional Tahun 2021 sekaligus penghargaan kepada Bupati/Walikota yang dilaksanakan pada kegiatan Kemah Moderasi di The Higland Park Resort, Bogor.

Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI, Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam, Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam, Katolik, Kristen, Hindu, Budha beserta Kepala Pusat Agama Konghucu, Bupati/Walikota seluruh Indonesia, Eselon III, Eselon IV, Koordinator wilayah beserta undangan lainnya, turut hadir dalam kegiatan itu.

Yasti Terima Penghargaan Dari Menteri Agama RI

Bupati Yasti Mokoagow Terima Penghargaan Dari Menteri Agama RI / Foto Dokumentasi Dinas Kominfo Bolaang Mongondow

Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Prof. Dr. Phil. H. Kamaruddin Amin, M.A dalam laporannya menyampaikan bahwa acara kemah moderasi itu, dilaksanakan atas kesadaran tulus bahwa Indonesia merupakan milik bersama, rumah bersama, semua agama dalam konteks kebangsaan adalah sama dan tidak ada perbedaan.

“Oleh karena itu kita berkumpul disini bersama sama untuk merajuk, membina membangun kebersamaan sekaligus dalam upaya menyampaikan kepada seluruh masyarakat bahwa kita semuanya sama,” ucap Kamaruddin.

Sementara, Menteri Agama RI melalui Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI Prof. Dr. H. Nizar, M. Ag mengungkapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada para intelektual dan aktivis moderasi beragama, yang telah memperjuangkan dan mensyiarkan moderasi beragama demi harmoni hidup beragama.

“Hari ini perlu kita acungi jempol, karena bisa mengimplementasikan konsep moderasi beragama dalam wujud yang nyata dengan bentuk kemah. Sehingga bisa mempraktekkan bagaimana moderasi beragama. dan mohon kepada Bupati/Walikota untuk menginstrusikan kepada lembaga pendidikan untuk sama-sama bisa melaksanakan kemah lintas agama para siswa, karena tantangan ke depan makin berat,” pinta Nizar.

Setelahnya, kegiatan dilanjutkan dengan penganugerahan penyuluh teladan tingkat nasional dan Bupati Teladan yang dianugerahkan kepada Bupati yang berperan aktif dalam penguatan moderasi beragama.

Surianto Anggai

Surianto Anggai, Mewakili Kabupaten Bolaang Mongondow / Foto : Iswahyudi Masloman

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bolmong Shabri Makmur Bora saat dikonfirmasi mengatakan, perwakilan Bolaang Mongondow Raya (BMR) yang diutus dari Kementerian Agama Bolmong Surianto Anggai yang merupakan seorang PNS, lolos ke tingkat nasional.

“Alhamdulillah, Surianto Anggai mewakili Sulawesi Utara,” ungkap Shabri.

Kegiatan itu sendiri, telah dimulai 28 November hingga 1 Desember 2021 di The Highland Resort Hotel Bogor.

Sebelumnya, Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow mengatakan, pemerintah daerah terus menjaga keberagamaan yang ada di Bolmong.

“Selain itu terus menghindari disharmoni dan terus menumbuhkan cara beragama yang moderat, atau cara ber-Islam yang inklusif atau sikap beragama yang terbuka,” ujar Yasti.

Surianto Anggai, Mewakili Kabupaten Bolaang Mongondow / Foto : Iswahyudi Masloman

Dijelaskan Yasti, Islam moderat yang dimaksud adalah mengedepankan sikap toleransi, saling menghargai, dengan tetap meyakini kebenaran keyakinan masing-masing agama, serta dapat menerima keputusan dengan kepala dingin, tanpa harus terlibat dalam aksi yang merugikan.

“Moderasi merupakan budaya Nusantara yang berjalan seiring, dan tidak saling menegasikan antara agama dan kearifan lokal. Tidak saling mempertentangkan namun mencari penyelesaian dengan toleran,” demikian Yasti.

Reporter : Iswahyudi Masloman

Editor : Faisal Amu

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.