KPU Gelar Rekor Bersama Disdukcapil Untuk Pemanfaatan Data Kependudukan di Bolsel

Bagikan Artikel Ini:
KPU Gelar Rekor Bersama Disdukcapil Untuk Pemanfaatan Data Kependudukan di Bolsel

Zulkarnain Kamaru

BERITATOTABUAN.COM, BOLSEL –  Nota kesepahaman antara Kementerian Dalam Negeri dan KPU RI, untuk pemanfataan data kependudukan, guna melakukan validasi data pemilih berkelanjutan, langsung ditindak lanjuti oleh Pemkab Bolsel melalui Dinas Administrasi Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil). Ini tercermin dari kegiatan rapat kordinasi yang difasilitasi Disdukcapil Bolsel bersama dengan KPU, Kamis (26/01/2017) kemarin.

Ketua KPU Bolsel Zulkarnain Kamaru mengatakan kalau rapat tersebut sangat berpengaruh bagi kinerja lembaga mereka. “Meski pemilihan umum masih jauh, namun KPU sebagai penyelenggara terus melakukan pemitakhiran data pemilih secara berkelanjutan,” ucap Iskandar.

Adapun langkah2 dalam mensukseskan program tersebut dikatakan olehnya, salah satux dengan memanfaatkan data kependusukan di instansi terkait pada pemerintah daerah. “Tentux kerjasama seperti ini perlu dibicarakan secara bersama-sama termasuk dengan pemerintah daerah,” tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Ketua Divisi Perencanan dan Data KPU Bolsel Eskolano Kakunsi menjelaskan, butuh data terbaru tentang jumlah pemilih setiap tiga bulan. “Data-data tersebut mencakup mutasi penduduk, warga yang telah meninggal dunia atau yang masuk pemilih pemula,” imbuh Kakunsi.

Pendataan tersebut dikatakan olehnya akan berlanjut hingga 2019 untuk pemlilihan serentak, Pileg dan Pilpres. “Draf kerjasama masih kita susun. Kemungkinan pekan depan KPU dan Disdukcapil akan menandatangani kerjasamanya,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Bolsel Gunawan Otuh, mengatakan kalau pihak mereka siap memberikan data-data kependudukan yang dibutuhkan KPU Bolsel untuk mengupdate daftar pemilih di daerah. “Nantinya kerjasama ini akan diatur sesuai standar operasional prosedur. Intinya kita siap bekerjasama dengan KPU,” singkat Gunawan. (hamka taamole/jun)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.