Pemkab Bolsel Gelar Konsultasi Public Rancangan Awal RKPD

Bagikan Artikel Ini:

 

Rancangan Awal RKPD

Bupati Bolsel saat membuka konsultasi publik Rancangan Awal RKPD

BERITATOTABUAN.COM, BOLSEL– Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow selatan (Bolsel), Kamis (21/01/2021) kemarin, menggelar forum Konsultasi Publik Rancangan Awal penyusunan dokumen Renacana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD).

Kegiatan yang digelar di aula Kantor Bupati Bolsel Panango tersebut dibuka langsung oleh Bupati Bolsel Hi Iskandar Kamaru SPt dan dihadiri juga oleh Wakil Bupati Deddy Abdul Hamid serta Ketua DPRD Ir Arifin Olii Sekretaris Daerah Marzanziuz A. Ohy SSTP, beserta para Asisten Setda. Pelaksanaan kegiatan tersebut diketahui, dilakukan secara langsung bertatap muka dan juga secara online melalui aplikasi Zoom Meeting dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan untuk menghindari penyebaran virus Covid-19.

Dalam sambutannya Bupati Bolsel Iskandar kamaru, S.Pt menyampaikan kalau kegiatan tersebut, merupakan rangkaian tahapan yang dilaksanakan dalam penyusunan dokumen RKPD dalam periode satu tahun. “Ini dilakukan sebagaimana amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, tata cara evaluasi Ranperda tentang RPJPD dan RPJMD, serta tata cara perubahan RPJPD, RPJMD, dan RKPD,” ungkap Iskandar.

Bupati juga menambahkan, kalau tahapan tersebut  bertujuan untuk menyampaikan program prioritas pembangunan, bersama dengan tema pembangunan tahunan, sebagai salah satu panduan untuk bisa menyamakan persepsi dan pemahaman, antara pemerintah daerah dan pemangku kepentingan, terkait dengan pedoman pembangunan Tahun 2022. “Tahapan ini juga berguna untuk memperoleh masukan dan saran penyempurnaan dalam rangka penyusunan RKPD Tahun 2022,” tambahnya.

Orang nomor satu di Kabupaten Bolse ini juga menegaskan kalau Permendagri telah mengamanatkan untuk tertib dalam melaksanakan penyusunan perencanaan pembangunan di daerah. “Konsultasi public ini wajib kita lakukan, sebagai langkah awal untuk penyempuranaan rancangan awal RKPD tahun 2022,” tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan Harifin Matulu, menambahkan dilaksanakannya konsultasi publik rancangan awal RKPD tersebut, untuk mendapatkan masukan penting antara pemerintah daerah dan pemangku kepentingan dalam menyusun Rancangan Awal RKPD yang lebih menitik beratkan pada aspek teknokratis guna penyempurnaan atas rancangan Awal RKPD Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan Tahun 2022, dengan menghimpun aspirasi atau harapan masyarakat terhadap tujuan, sasaran dan program pembangunan daerah yang akan dilaksanakan pada tahun 2022. “Pelaksanaan kegiatan ini diharapkan dapat menjadi media pembentukan komitmen seluruh pemangku kepentingan terhadap keterkaitan program prioritas dan sasaran pembangunan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pengawasan serta merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam tahapan penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Tahun 2022 nanti,” imbuh Harifin
Target peserta kegiatan ini terdiri dari unsur DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, seluruh Organisasi Perangkat Daerah dan Kecamatan, Organisasi Masyarakat, Organisasi Kepemudaan, Perguruan Tinggi, Akademisi, Tokoh masyarakat dan lainnya. (Ludin Gobel)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.