Sukseskan Swasembada Pangan, DPKP Bolsel Gandeng TNI dan Polri

Bagikan Artikel Ini:

 

Ir Sugeng Purwono

BERITATOTABUAN.COM, BOLSEL – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), mengandeng Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri), bersama-sama menyukseskan program swasembada pangan.
Seperti dikatakan Kepala DPKP Bolsel Sugeng Purwono, kali ini kegiatan tanam jagung dilakukan di atas lahan kelompok tani (Poktan) Itodik Jaya seluas 25,5 hektar di Desa Lungkap Kecamatan Pinolosian. “Kegiatannya sudah kami lakukan dan melibat seluruh unsur tidak terkecuali TNI dan Polri,” kata Sugeng Purwono, Rabu (29/8) kemarin.
Lanjutnya, penanaman jagung dilakukan secara simbolis di hadapan pemerintah Kecamatan dan Desa dengan tujuan menumbuhkan semangat masyarakat untuk bertani. “Pada penanaman tersebut, telah melibatkan 20 orang anggota poktan,” jelasnya.
Sementara itu, Danramil 06-Pinolosian yang diwakili oleh Serda Wahyudin, mengatakan, TNI punya peranan penting untuk bersama-sama mensukseskan program pemerintah.
“Babinsa memiliki tanggung jawab besar untuk mendorong petani lewat pendampingan dalam rangka mensukseskan program swasembada pangan,” akunya.
Di sisi lain, Sangadi (Kepala Desa) Lungkap, Gelma Paputungan, menyambut baik program yang melibatkan seluruh kalangan dengan tujuan meningkatkan ekonomi kerakyatan dengan memanfaatkan kekayaan alam. “Program ini sangat luar biasa. Dengan cara seperti ini diharapkan akan membakar minat masyarakat untuk bertani,” terangnya.
Senada dikatakan Ketua Poktan Itondik Jaya, Jafar Al Habsi, pihaknya sangat bersyukur atas bantuan dinas terkait yang memilih lahan mereka sebagai lokasi untuk program peningkatan swasembada pangan. “Harapannya generasi muda tidak meninggalkan pertanian dan bersama-sama mengembangkan pertanian demi meningkatkan kesejahteraan,” ucapnya.
Diketahui, penanaman jagung secara simbolis tersebut, dihadiri oleh Camat Pinolosian Abdillah Gonibala, Koordinator BPP Kecamatan Pinolosian Edwin Asih, Kepala Bidang Tanaman Pangan Silvia Antoni, Seksi Pembenihan dan Perlindungan Holtikultura Ivone Takumansang, dan Kapolsek Pinolosian IPTU Pol Herdi Manampiring. (hamka taamole)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.