33 Desa di Boltim Lakukan Pencairan Dana Desa tahap III

Bagikan Artikel Ini:

 

Hendra Tangel

BERITATOTABUAN.COM, BOLTIM -Progres Pencairan Dana Desa tahun 2022 tahap III di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) mulai bergeliat. Berdasarkan data yang diterima rekapitulasi progres Dana Desa per 1 Desember 2022, tercatat tahap III sudah 33 desa yang sudah ditransfer ke rekening desa.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), Kabupaten Boltim, Hendra Tangel, SH, mengatakan total Dana Desa tahap 3 tahun 2022 sebanyak Rp 57.961.389.000.

“Baru 33 Desa yang Dana Desa nya sudah ditransfer ke rekening mereka masing-masing,” kata Hendra Selasa (6/12/2022).

Menurut, 33 Desa yang telah melakukan proses pencairan Dana Desa terlebih dahulu sudah memasukkan sejumlah laporan sesuai yang dipersyaratkan, diantaranya data stunting dan realisasi dan desa tahap 2.

“33 Desa ini sudah memasukan laporan data Stunting Tingkat Desa Tahun 2021, laporan realisasi Dana Desa sampai dengan tahap 2 tahun 2022 (Minimal realisasi 90% dan capaian output minimal 75%),* terangnya.

Lanjutnya juga, laporan data stunting setiap desa tersebut menggunakan sistem pelaporan data oleh Pemerintah desa melalui aplikasi OM-SPAN.

“Laporan stunting itu data dari desa baru diinput di aplikasi OM-SPAN. Laporan realisasi data dari siskeudes baru diinput di Aplikasi OM-SPAN,” jelasnya.

Adapun batas pelaporan data tersebut paling lambat dimasukkan pada Aplikasi OM-SPAN yakni tanggal 15 Desember 2022 mendatang.

“Bagi pemdes yang belum memasukkan laporan, kami imbau dipercepat agar dana desa kalian bisa segera ditransfer juga di rekening Desa,” tutupnya. (Rifki Palengkahu)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.