Boltim Koleksi 72 Laporan Gigitan Anjing

Bagikan Artikel Ini:

 

Kepala Dinkes Boltim Saifudin Gobel/ Foto : Rifki Palengkahu

BERITATOTABUAN.COM, BOLTIM -Kasus penularan virus rabies akibat gigitan hewan bertaring kini tengah ramai di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), sedikitnya 72 kasus gigitan anjing tercatat terjadi di Boltim pada tahun 2022 ini, dimana kasus tertinggi terjadi pada bulan Juni dengan 13 kasus, serta 10 laporan kasus pada bulan Agustus lalu.

Di Kecamatan Modayag Boltim, 23 orang pasien dilaporkan dirawat akibat serangan anjing. Kepala Dinas Kesehatan Boltim Saifuddin Gobel mengatakan, untuk warga yang terkena gigitan anjing dan hewan bertaring lainnya agar tak menunda waktu melapor ke Puskesmas terdekat.

“Selain upaya mendapatkan perawatan intensif di Puskesmas, juga mengantisipasi penularan rabies, baik dari hewan ke hewan maupun antar manusia,” ujar Saifuddin.

Lanjutnya juga, mengantisipasi kenaikan kasus rabies, pihak Dinkes Boltim terus berkoordinasi dengan Dinas Pertanian dan Peternakan guna memastikan ketersediaan stok vaksin rabies. “(Stok) vaksin anti rabies (VAR) untuk manusia di Dinkes stoknya tersedia. Dan vaksin rabies untuk hewan domainnya di Bidang Peternakan Dinas Pertanian, namun kami selalu berkoordinasi untuk itu,” terangnya

ia juga mengatakan, mengani pemberian VAR, pasien mesti melalui observasi 14 hari, guna memastikan gejala pasca gigitan rabies pada manusia, dan untuk memantau perilaku hewan serta lingkungan tempat tinggal. “Jika hewannya sehat, maka hanya monitoring dan pemantauan saja, tidak perlu divaksin,” tambahnya.

Sejauh ini, dari 72 laporan pasien akibat gigitan anjing di Boltim, 31 orang diantaranya telah dilakukan vaksinasi anti rabies.

Reporter : Rifki Palengkahu

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.