Boltim Mulai Terapkan Hari Kamis Sebagai Hari Budaya Daerah

Bagikan Artikel Ini:

 

Pelatihan Kursus Bahasa Inggris

Yusri Damopolii

BERITATOTABUAN.COM, BOLTIM -Pemerintah Kabupaten Bolaang mongondow timur (Boltim) melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menerapkan hari kamis sebagai hari budaya daerah. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Boltim, Yusri Damopolii, S.Pd, MM, ia mengatakan, bahwa semarak tarian dana-dana pada momen hari ulang tahun Kabupaten Boltim perlu dilestarikan.

“Ketika bupati bolaang mongondow timur kemarin melaksanakan program festival kabela yang disemarakkan dengan tarian dana-dana maka untuk menindaklanjuti ini dinas pendidikan menetapkan hari kamis sebagai hari budaya daerah,” kata Yusri.

Lanjutnya juga, pada hari budaya ini, yang dilaksanakan di satuan pendidikan sekolah dalam hal ini termasuk siswa dan guru adalah yang pertama melaksanakan tarian dana-dana setiap kamis sebelum masuk ruang belajar.

“Kedua pada hari kamis juga ini nanti akan digunakan sebagai hari berbahasa daerah dalam hal ini berbahasa mongondow. Dan selanjutnya jajaran dinas pendidikan dan guru-guru pada hari kamis akan menggunakan pakaian adat bolaang mongondow,” jelasnya.

Adapun pada hari ini, Kamis (28/07/2022), sebanyak 86 sekolah SD dan SMP mulai menerapkan tarian dana-dana dan penggunaan bahasa Daerah Bolaang Mongodow pada setiap hari Kamis setiap Minggu berjalan.

Reporter : Rifki Palengkahu

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.