Bupati Sachrul Buka Kegiatan Musrenbangda Penyusunan Rancangan Akhir RKPD Tahun 2023, Ini Penyampaiannya

Bagikan Artikel Ini:

 

BERITATOTABUAN.COM, BOLTIM – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Pemkab Boltim), menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (MUSRENBANGDA), terkait Penyusunan Rancangan Akhir Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Boltim, Tahun Anggaran 2023, bertempat diaula lantai III Kantor Bupati Boltim, Selasa (29/03)

Kegiatan MUSRENBANGDA tersebut, dibuka langsung oleh Bupati Boltim, Sam Sachrul Mamonto S.Sos, M.Si, didampingi Wakil Bupati (Wabup) Oskar Manoppo, Kepala Kepolisian Resor (Kapolres), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), serta Asisten III.

Bupati dalam sambutannya, mengatakan bahwa dalam penyusunan rancangan akhir RKPD Boltim tahun 2023, terdapat 3 (Tiga) metode pendekatan perencanaan, yang digunakan sekaligus.

“Penyelenggaraan musyawarah rencana pembangunan penyusunan rancangan akhir RKPD Kabupaten Boltim tahun 2023 ini, adalah bentuk proses perencanaan yang menggunakan 3 (Tiga) pendekatan perencanaan sekaligus, yaitu Partisipatif, Politis dan Tekhnokratis,” kata Bupati.

Lanjutnya, Bupati juga menjelaskan, bilamana proses perencanaan merupakan tanggung jawab bersama seluruh unsur, terutama Perangkat Daerah yang merupakan pelaku perencana awal penyusunan rancangan, sebagaimana tertuang dalam dokumen RKPD.

Dengan demikian, dapat terjalin keselarasan antar sektor kepemerintahan, dimulai dari tingkat daerah, ke provinsi, hingga pusat. Terkait Rencana Kerja Kabupaten Boltim di tahun 2023 mendatang.

“Proses perencanaan merupakan bentuk tanggung jawab dari kita semua, termasuk warga masyarakat serta Perangkat Daerah, selaku perencana, pelaksanan dan evaluasi program kegiatan yang tertuang dalam RKPD Kabupaten Bolaang Mongondow Timur tahun 2023 ini. Selaras, terpadu dan terjadi interkoneksi dengan arah kebijakan Daerah, Provinsi dan Pemerintah Pusat di Tahun 2023,” terangnya.

Selain itu, Bupati pula menghanturkan ucapakan terima kasih serta apresiasinya atas keselarasan tanggung jawab dari seluruh unsur tersebut, terkait perencanaan penyusunan dan perancangan dokumen RKPD ini.

Terutama, terhadap pihak Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), denganpenyelarasan tanggung jawab dalam mengais aspirasi masyarakat, serta pokok-pokok pikiran (Pokir) yang telah dihasilkan, sebagai bahan perumusan pelaksanaan RKPD, lokasi pelaksanaan, serta sasaran pelaksanaan program. Sebagaimana yang saat ini, telah tercatat pada sistem SIPD.

“Untuk itu, saya menyampaikan terima kasih dan apresisasi kepada seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, khususnya kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah atas rekomendasi hasil analisa, memberikan saran dan pendapat berupa pokok-pokok pikiran DPRD, berdasarkan hasil reses atau penjaringan aspirasi masyarakat sebagai bahan perumusan kegiatan, lokasi kegiatan dan kelompok sasaran yang selaras dengan pencapaian sasaran pembangunan, yang sudah di input dalam Sistem Informasi Pemerintah Daerah atau SIPD,” tuturnya.

Di samping itu, dirinya juga menegaskan bahwa kegiatan penyusunan RKPD, merupakan agenda tahunan Pemerintah Kabupaten. Serta, ia pun optimis, kalau rancangan RKPD tahun 2023 ini, telah disusun sebagaimana mestinya.

“Penyusunan RKPD ini adalah kegiatan perencanaan daerah yang dilaksanakan setiap tahun, saya yakin disusun dengan menggunakan pendekatan tekhnokratik, politis, holistik-tematik, integratif, spasial dan tentu partisipatif, sehingga RKPD merupakan dokumen penting sebagai acuan program dan kegiatan pembangunan,” pungkas Bupati.

Kegiatan MUSRENBANGDA ini dihadiri oleh seluruh Camat, Kepala Desa (Sangadi), para Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), serta Kepala Bidang (Kabid).

Reporter : Rifki Palengkahu

Editor : Rusmin Mamonto

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.