Bupati Sachrul Dianugerahi Sebagai Datung Banua Pada Adat Tulude di Jikobelanga

Bagikan Artikel Ini:

 

Bupati Sam Sachrul Mamonto saat dianugrahi sebagai Datung Banua

BERITATOTABUAN.COM, BOLTIM -Perhelatan pesta adat Tulude di Desa Jikobelanga Kecamatan Nuangan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) , Jumat (03/02/2023), sore tadi malam berlangsung khidmat.

Perayaan adat Tulude, dihadiri langsung Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto.S.Sos.M.Si, didampingi Asisten 1, Rahman Hulalata, Kadis Pendidikan, Yusril Damopolii,S.Pd, Kadisperindagkop, Jantra Damopolii, Kepala Bappeda James Kinontoa, Kepala Inspektorat Daerah Hardiman Pasambuna,SH , Kepala BKP Ayko Mentemas , Kepala Unit Pelayanan Pengadaan, Reymon Djola, ST, Kabag Umum Abdal Mamonto, para Camat , Kapolsek Nuangan , sejumlah pejabat lainya di teras Pemkab Boltim dan seluruh masyarakat adat Desa Jikobelanga.

Bupati Sam Sachrul Mamonto saat dianugrahi sebagai Datung Banua

Acara yang diawali dengan penyematan gelar Datung Banua kepada Bupati Sachrul sebagai tokoh adat tertinggi di Boltim.

Sebagaimana dikatakan ketua adat Jikobelanga Hendrik Martelu bahwa penyematan gelar Datung Banua kepada Bupati Sachrul sesuai mufakat pemerintah desa tokoh adat dan masyarakat.

“Iya, sesuai keputusan bersama maka memberikan gelar Datung bBanuang kepada bupati Sam Sachrul Mamonto, sebagai pemegang adat Sangihe tertinggi di Boltim,” kata Martelu.

Diketahui di pesta adat Tulude di awali dengan pemotongan kue Tamo yang disaksikan oleh Bupati Boltim dan seluruh masyarakat Desa Jikobelanga.

“Ini kebiasaan adat Sanger, dengan melakukan acara adat budaya Tulude dimana pemotongan kue Tamo adalah sebagai simbol syukur masyarakat adat kepada sang pencipta atas rezeky yang diberikannya selama setahun,” kata Hendrik.

Sementara itu Sangadi Jikobelanga
Suprianto, mengucapkan terima kasih atas kehadiran bapak Datung Banua dan rombongan di desa kami. Bapak Bupati Sachrul kami tau sangat menghargai budaya sosial dan adat tentunya saya sebagai pemerintah desa dan warga adat desa Jikobelanga , memohon kiranya bapak Datung Banua memberika bimbingan dan arahan kepada kami masyarakat Jikobelanga.

“Tentunya selaku pemerintah desa dan masyarakat kami mendukung program bupati , sebab Tulude hari ini sebagai alat pemersatu demi kehidupan bersama,” kata Sangadi.

Sementara itu Bupati Boltim Sachrul Mamonto dalam sambutanya dihadapan ratusan masyarakat adat Jikobelanga mengatakan tentunya budaya adat Tulude harus dilaksanakan dan dilestarikan.

“Tentunya ini harus dijaga , harus dilestarikan sebab itu adalah warisan dari nenek moyang kita sejak tahun 1600 tahun yang lalu,” kata Bupati.

Sembari, menambahkan artinya dalam setiap adat dan budaya ada agamanya dan tentunya satu kekompakan lewat jabaran adat.

“Poin saya petik, dengan memotong kue tamo yang sudah dilaksanakan tadi, tentu melambangkan bentuk terima kasih kepada sang pencipta atas berkat yang diberikannya kepada kita baik hasil tangkapan ikan dan hasil perkebunan masyarakat yang ada di Jikobelanga,” tutup Bupati. (*/Rifki Palengkahu)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.