Dinas Pendidikan Boltim Gelar Bimtek Penguatan Keterampilan Numerasi Guru Matematika

Bagikan Artikel Ini:

 

Yusri Damopolii saat memberikan materi sekaligus menutup kegiatan

BERITATOTABUAN.COM, BOLTIM -Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penguatan Keterampilan Numerasi Guru Matematika tahun 2022.

Bertemakan ‘Penguatan Keterampilan Numerasi Guru Matematika’ kegiatan tersebut dibuka oleh Asisten I, Rahman Hulalata, pada Rabu (7/12/2022) kemarin mewakili Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto.

Bimtek ini berlangsung selama dua hari yakni pada Rabu, 7-Kamis, 8 Desember Tahun 2022, bertempat di Ballroom Hotel Sutan Raja Kotamobagu. Kamis (8/12/2022)

Tujuan digelarnya kegiatan ini agar nantinya seorang guru mampu mengaplikasikan konsep bilangan dan keterampilan operasi hitung kepada siswa-siswi yang saat ini lebih tertarik dengan gadget dibanding belajar, apalagi pelajarannya berhubungan dengan berhitung seperti matematika,” ujar Rahman Hulalata dalam sambutannya.

Ia juga mengatakan, bahwa tugas guru di era digital seperti sekarang ini lebih berat dibandingkan dengan tugas guru di masa lampau. “Tugas guru di era digital seperti saat ini menjadi lebih berat karena diperhadapkan dengan persoalan – persoalan yang terjadi ketika anak didik tengah asik dengan dunia bermainnya dan melupakan tugas pokoknya sebagai anak didik, sehingga guru harus mencarikan solusi terbaik untuk mengatasi masalah ini,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdik) Yusri Damopolii mengatakan, kegiatan ini digelar bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dari para Guru-guru khususnya bagi guru matematika yang ada. “Ada enam macam literasi dasar yang harus dikuasai yaitu, Literasi baca tulis, meliputi kecakapan untuk memahami isi teks yang tersirat, Literasi Numerasi, kemampuan dan potensi diri, Literasi sains yaitu kemampuan memahami fenomena alam dan social, literasi finansial, yaitu kecakapan mengaplikasikan pemahaman tentang konsep, Literasi kewenangan dan kebudayaan, meliputi kemampuan memahami dan bersikap terhadap budaya indonesia sebagai identitas bangsa, Literasi digital, yaitu kemampuan menggunakan media digital secara bertanggungjawab dan beretika untuk mendapatkan informasi dan berkomunikasi,” terang Bapak Yusri.

Lanjutnya, dengan adanya kegiatan ini diharapkan para guru untuk nantinya menguasai materi serta merubah mindset kita kearah yang lebih baik lagi. “Berikan yang terbaik bagi para siswa. saya berharap para guru yang ada, untuk mengupgrade segala potensi yang ada, serta mari kita manfaatkan platform yang ada, apabila kita paham bersama terkait penguasaan materi itu, pastinya otomatis hasilnya juga akan lebih baik,” tutup Yusri.

Terinformasi Pelaksanaan kegiatan bimbingan teknis oleh, Bidang ketenagaan (GTK) disdik Boltim dibawah pimpinan Bapak Dahri Lentang di tutup resmi Kadisdik Boltim Drs. Yusri Damopolii pada hari ini. (Rifki Palengkahu)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.