Dinas Pertanian Mulai Lakukan Pemetaan Persawahan Yang Ada di Kabupaten Boltim

Bagikan Artikel Ini:

 

Mat Sunardi

BERITATOTABUAN.COM, BOLTIM -Lahan persawahan yang ada di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) mulai dipetakan. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pertanian Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Mat Sunardi, ia mengatakan. “Kita lakukan data evaluasi pada pelaksanaan pengambilan data teknis Lahan Pangan Pertanian Berkelanjutan (LP2B), di setiap Kecamatan,” ujar Mat.

Lanjutnya juga, progresnya sampai hari ini.n”Dan mereka akan tau, apa persoalan yang dihadapi untuk mengambil data base, seperti di gambar sawah ini milik siapa, dan luasnya berapa yang ada di Bolaang Mongondow Timur,” ucapnya.

Ia juga mengatakan, hari ini yang dipetakan yang ada potensi halah sawah.n”Jadi tidak semua Kecamatan yang kita petakan,” tambahnya.

Ia juga mengatakan, Pemkab Boltim juga bekerja sama dengan Unsrat Manado dalam rangka untuk penyusunan materi teknis Ranperda LP2B.b”Karena ranperda LP2B juga sesuai perintah undang – undang nomor 40 tahun 2019. Di mana setiap Kabupaten/Kota wajib punya Peraturan Daerah (Perda) Lahan Pangan Pertanian Berkelanjutan (LP2B),” terangnya.

Pasalnya, sejak Kabupaten Boltim berdiri, ini tidak pernah disusun.n”Sehingga kita merasa berkewajiban dan patuh terhadap perundang undangan, maka pihak kami harus susun perda itu, dan kita bekerjasama dengan pihak unstrat,” terangnya.

Saat ini, sudah tahapan evaluasi. Selanjutnya nanti akan menghasilkan materi teknis, peta, dan Ranperda.n”Sedangkan untuk perkebunan belum, karena ini baru bidang persawahan,” tutupnya.

Reporter : Rifki Palengkahu

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.