Dinas PUPR Boltim Gelar FGD

Bagikan Artikel Ini:

 

Sekda Ir. J Sonny Warokka Ph.D saat membuka kegiatan FGD Dinas.PUPR

BERITATOTABUAN.COM, BOLTIM – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), mengadakan Forum Group Discussion (FGD) membahas Rencana Pembangunan Perumahan dan Pengembangan Kawasan pemukiman (RP3KP) yang berlangsung di Aula Kantor PUPR Boltim. Kamis, (30/06/2022).

Kegiatan yang dibuka Sekretaris Daerah Ir. J Sonny Warokka Ph.D tersebut, diawali dengan presentasi laporan pendahuluan oleh tim dari Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado dan dilanjutkan dengan Forum Group Discusion.

Sekretaris Daerah Ir. Sonny Warokka mengatakan sesuai dengan Undang-Undang No 1 tentang perumahan dan kawasan pemukiman Pasal 3 huruf B bahwa, Pemukiman dan kawasan perumahan di selenggarakan untuk mendukung penataan dan pengembangan wilayah, serta penyebaran penduduk yang proporsional melalui pertumbuhan lingkungan hunian kawasan pemukiman.

“Namun harus sesuai dengan tata ruang untuk mewujudkan keseimbangan kepentingan, terutama bagi masyarakat berpenghasilan rendah,” ujar Sekda.

Lanjutnya, pertumbuhan penduduk yang signifikan setiap tahunnya, akan berdampak pada pemenuhan rumah di Indonesia.

“Kebutuhan rumah akan meningkat diikuti kebutuhan tanah juga yang akan meningkat setiap tahunnya,” jelasnya.

Lanjutnya juga, untuk itu harus dilakukan penataan dan pembentukan penataan regulasi yang tepat pada pembangunan perumahan dan kawasan pemukiman.

“Permasalahan pembangunan perumahan dan kawasan pemukiman, akan menjadi kawasan serius jika tidak dilakukan penataan dan pembentukan regulasi yang tepat,” kata Sekda.

Untuk itu Sekda meminta kepada pemerintah untuk membuat dokumen RPK3P karena hal itu sangat penting untuk menekan laju pembangunan yang tidak sesuai dengan rencana tata ruang wilayah.

Hadir pada kegiatan tersebut Sekda Boltim Ir. J Sonny Warokka Ph.D didampingi Asisten II Boltim, M.R Alung, SE Kepala Dinas PUPR Boltim Harris Pratama Sumanta, serta utusan dari Tim Unsrat Manado, Dr.Ir. Linda Tondobala, DEA, Dr Andy Malik, Raymond Taroreh, ST.MT. beserta seluruh Pimpinan perangkat daerah, para Camat Lingkup Pemkab Boltim.

 

Reporter : Rifki Palengkahu

Editor : Moch. Irzal

Rate this article!
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.