DPMD Boltim Terus Lakukan Pendampingan Pengimputan  dan Update Data Profil Desa

Bagikan Artikel Ini:

Dinas PMD saat melakukan pendampingan untuk Pengimputan dan Update data profil desa

BERITATOTABUAN.COM, BOLTIM -Untuk menuju desa tangguh, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) melakukan pendampingan pengimputan dan update data profil desa.

Kepala DPMD Boltim, Hendra Tangel mengatakan, profil desa sangat penting demi kemajuan desa. Hal ini sudah diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 12 Tahun 2007 tentang Pedoman Penyusunan dan Pendayagunaan Data Profil Desa dan Kelurahan.
“Dalam Permendagri tersebut juga diatur mekanisme penyusunannya. Di dalam profil desa terdapat data-data informasi tentang kondisi desa, diantaranya data dasar keluarga, potensi sumber daya alam, sumber daya manusia, kelembagaan, prasarana dan sarana serta perkembangan kemajuan dan permasalahan yang ada di desa,” ujar Hendra, saat mendampingi penyusunan profil desa di Kantor Camat Modayag, pada Senin 27 Juni 2022 kemarin.
Lanjut mantan Kepala Bagian Hukum Pemkab Boltim ini mengatakan, pendampingan tersebut berlangsung di semua desa dan pelaksanaannya dipusatkan di tiap kecamatan. “Selama kurang lebih 6 tahun ini, Kabupaten Boltim menempati urutan ke 15 dalam pengimputan profil desa dan hanya mencapai 6,8 persen, sehingga untuk tahun ini kita berusaha untuk memperbaiki itu,” tuturnya.
Hendra juga menambahkan, saat ini sudah ada beberapa desa yang didampinginya untuk penginputan profil desa dan presentase sudah mencapai 38 persen. “Profil desa sangat penting untuk pengembangan desa untuk data dasar yang dibutuhkan dalam proses penyusunan rencana pembangunan desa,” tutupnya.
Reporter : Rifki Palengkahu
Editor : Moch. Irzal

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.