Gelar Entry Meeting Bersama BPK-RI, ini Pesan Bupati Sachrul

Bagikan Artikel Ini:

 

Bupati Sam Sachrul Mamonto saat entry meeting dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, Perwakilan Sulawesi Utara

BERITATOTABUAN.COM, BOLTIM – Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sam Sachrul Mamonto, Sos, M.Si, didampingi Wakil Bupati Oskar Manoppo, SE MM, Sekretaris Daerah (Sekda) DR Ir Sonny Warokka P.Hd, entry meeting dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, Perwakilan Sulawesi Utara (Sulut) terkait pemeriksaan rinci Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2021, di lantai tiga kantor bupati, Selasa 22 Maret 2022.

Dalam sambutan bupati mengucapkan selamat datang kembali kepada Tim Pemeriksa BPK-RI Perwakilan Sulut di Kabupaten Boltim.

Entry meeting ini kata bupati, merupakan bentuk komunikasi pemeriksaan, sebagaimana dipersyaratkan dalam Standar Pemeriksaan Keuangan Negara (SPKN) yang bertujuan untuk menjalin komunikasi awal antara tim pemeriksa dengan entitas yang diperiksa demi mewujudkan kesamaan persepsi terhadap pelaksanaan pemeriksaan “Pemkab Boltim menyambut baik pelaksanaan pemeriksaan rinci atas laporan keuangan pemerintah daerah tahun anggaran 2021 oleh BPK,” kata bupati.

Bupati pun menginstruksikan seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar bersikap kooperatif dan dapat membantu memberikan yang dibutuhkan tim pemeriksa, juga memberikan informasi yang akurat supaya pemeriksaan dapat berjalan baik dan lancar.

“Kepada seluruh pengelola keuangan untuk tidak keluar daerah, kecuali untuk hal yang mendesak dan harus mendapat izin dari pimpinan,” tegasnya.

Bupati juga berharap dari hasil audit rinci tersebut, Kabupaten Boltim dapat kembali meraih penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) seperti tahun sebelumnya. “Harapannya Kabupaten Boltim kembali WTP,” tukasnya.

Sementara koordinator Tim BPK RI Elvira Amelia Kaligis mengatakan, bahwa periksaan rinci di Kabupaten Boltim akan berlangsun selama 30 hari.

Untuk itu ia meminta kepada seluruh OPD agar ketika dimintakan keterangan baik dilapangan maupun administrasi dapat memberikan data valid dan koperatif. “Yang kami harapkan OPD koperatif saat audit berlangsung. Agar apa yang menjadi harapan pak bupati, Kabupaten Boltim raih WTP bisa terwujud,” kata  Elvira Amelia Kaligis.

Hadir pada acara tersebut, Asisten I Priyamos SH MM, Asisten II MR Alung SE, Asisten III Drs Rusmin Mokoagow, dan seluruh kepala OPD.

Reporter : Rifki Palengkahu

Editor : Rusmin Mamonto

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.