Kaki Gunung Ambang Terdapat Air Terjun Purworejo Yang Eksotis

Bagikan Artikel Ini:

 

Air terjun Purworejo yang eksotis di kaki gunung ambang

BERITATOTABUAN.COM, BOLTIM –Salah satu tempat terbaik untuk melakukan aktifitas luar ruangan dengan daya dukung sumber daya alam yang bisa melebihi ekspetasi, adalah wisata alam air terjun Purworejo. Air terjun Purworejo ini lokasinya berada di Desa Liberia, Kecamatan Modayag Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim)

Meski belum terlalu dikenal oleh mancanegara, namun tak sedikit wisatawan lokal yang sering berkunjung ke lokasi air terjun ini. Ada yang sekedar berswafoto untuk menambah koleksi galeri di media sosial, rekreasi, bahkan tak jarang berkemah

Tidak begitu sulit untuk biisa sampai ke Desa Liberia yang menjadi titik patokan star untuk berjalan menuju lokasi air terjun Purworejo. Jika berkendara dari Ibukota Kabupaten, Tutuyan, estimasi jarak tempuh hanya sekisar 45 Kilometer dan jarak tempuh dari Kota Kotamobagu hanya 15 Kilometer.

Oleh karena belum tersedianya fasilitas parkir yang memadai baik di titik patokan star maupun di lokasi wisata air terjun Purworejo, maka pengunjung yang menggunakan kendaraan pribadi jenis roda empat bisa menitipkan kendaraan di halaman rumah warga. Dari titik ini, diperlukan estimasi waktu perjalanan kurang lebih 1 jam menuju lokasi air terjun Purworejo.

Berbeda dengan kendaraan pribadi jenis roda dua, pengunjung bisa membawa kendaraannya sampai pada satu tempat yang sering dijadikan tempat penyimpanan kendaraan oleh pengunjung lokal, yaitu bangunan bekas pengolahan kopi. Dari tempat ini, pengunjung sudah menghemat setengah proses perjalanan.

Selama perjalanan menuju lokasi air terjun Purworejo, pengunjung akan mendapatkan sambutan ramah dari petani, bertemu dengan hamparan perkebunan kopi yang pernah dan sempat terkenal di zaman dahulu hingga dipasarkan hasilnya sampai ke mancanegara.

Sedikit tanjakan landai yang bisa ditemui selama perjalanan dan turunan yang menyisir jurang. Di medan seperti ini, pengunjung disarankan mesti harus berhati hati dalam perjalanannya.

Pengunjung juga akan melewati hamparan bunga ketika mendekati objek wisata air terjun Purworejo, berbagai aksi atraksi satwa seperti burung pleci, elang serta jenis lainnya yang bisa menambah sensasi perjalanan yang akan dilakukan.

Sekilas tentang gambaran lokasi objek wisata Air terjun Purworejo yang memiliki debit arus lumayan deras dengan ketinggian jatuhnya dapat dikategorikan tinggi, serta memiliki badan air sulfur.

Tak hanya itu, suguhan aliran sungai yang berada tepat di depan air terjun dan lokasi bersantai dengan radius 50 Meter dari air terjun, tentu memberi kesan eksotis yang sangat estetik.

Terdapat pepohonan besar dan area yang sangat cocok untuk berkemah, namun perlu memperhatikan keadaan sekitar karena kapan saja bisa terjadi ranting jatuh, pohon roboh, batu longsor dan bahkan mungkin banjir.

Terdapat pipa air yang dialirkan ke pemukiman warga yang berada dekat air terjun dan bisa digunakan sebagai sumber air bersih untuk aktifitas ketika melakukan kemah. Namun dalam kondisi cuaca tertentu, air tersebut akan berubah rasa. Maka membawa air dari rumah mungkin jadi solusi terbaik dalam hal ini.

Sekedar diketahui, oleh karena belum dikelolah Pemerintah Daerah, berwisata ke tempat ini tidak dikenakan tarif, kecuali jika pengunjung menggunakan jasa pemandu.

Reporter : Rifki Palengkahu

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.