Kemarau Panjang, Warga Boltim Diminta Tidak Sembarang Buang Puntung Rokok di Areal Perkebunan

Bagikan Artikel Ini:
Ilustrasi Kebakaran Lahan

BERITATOTABUAN.COM, BOLTIM – Badan Penanggulangan Bencana Alam Daerah (BPBD) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, menghimbau kepada warga yang ada di daerahnya, untuk tidak sembarang membuang punting rokok khususnya di areal perkebunan.

Hal tersebut dikatakan oleh Kabid Pencegahan Kesiapsiagaan BPBD Boltim Yanto Modeong, menyusul masih terjadinya musim kemarau yang hingga kini masih dirasakan di daerah itu. “Kami himbau untuk tidak membuang puntung rokok di areal perkebunan atau di pinggiran jalan, demi menghindari pemicu terjadinya kebakaran,” ucap Yanto.

Selain itu, dirinya pun menghimbau warga untuk mengurangi aktifitas pembakaran lahan dan hutan, serta rumput kering terutama yang berdekatan atau berada di wilayah pemukiman warga, “Hal ini harus dihindari agar bisa mencegah ataupun meminimalisir terjadinya kebakaran lahan hutan, perkebunan bahkan bisa menjalar hingga ke pemukiman warga,” tambahnya.

Yanto juga berharap adanya koordinasi instansi lintas sektoral, terutama pihak kecamatan agar dapat bekerja sama menginformasihkan hal ini kepada perangkat desa di wilayah kecamatan masing-masing. “Kami berharap pemerintah kecamatan bisa meneruskan informasi ini ke perangkat desa agar himbauan ini bisa sampai ke masyarakat, demi menjaga daerah kita agar terhindar dari bencana khususnya kebakaran terutama pada musim kemarau saat ini,” tuturnya. (mg3/mon77)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.