Perlindungan Tenaga Kerja Jadi Perhatian Pemkab Boltim

Bagikan Artikel Ini:
Perlindungan Tenaga Kerja Jadi Perhatian Pemkab Boltim

Foto bersama usai apel keselamatan kerja di Boltim

BERITATOTABUAN.COM, BOLTIM – Persoalan perlindungan tenaga kerja jadi Perhatian Pemkab Boltim, dibawah kepemimpinan Bupati Sehan Landjar SH. Hal ini tercermin dari sambutan yang dibawakan oleh Sekretaris Kabupaten Bolmong Timur Ir Muhammad Assagaf saat memimpin pelaksanaan apel Keselamatan dan Kesehatan Kerja di halaman KUD Nomontang, Selasa (07/02/2017) kemarin. “Tujuan K3 adalah memberi perlindungan kepada tenaga kerja dan orang yang berada ditempat kerja agar terjamin keselamatan, disamping mengendalikan resiko terhadap peralatan, aset dan sumber produksi agar terhindar dari kecelakaan dan penyakit akibat kerja,” ucap Assagaf.

Assagaf juga menambahkan, dari data Badan Pusat Statistik, Jumlah penduduk Indonesia yang bekerja sebanyak 118,41 juta orang dan sekitar 60,24% diantaranya dengan tingkat pendidikan SD dan SMP. Dalam era globalisasi, khususnya dalam Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), kesiapan sumber daya manusia sangat penting termasuk dalam peningkatan aspek K3 “Perlindungan terhadap tenaga kerja ini dapat terlaksana apabila seluruh unsur yang berada di perusahaan, baik pihak manajemen, serikat pekerja/ serikat buruh dan tenaga kerja/ buruh bersama-sama berkomitmen melaksanakan upaya pencegahan kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja,” terangnya.

Lewat peringatan bulan K3 Nasional tahun 2017, Assagaf mengajak dan mendorong semua pemangku kepentingan, untuk melakukan upaya-upaya kongkrit terhadap pelaksanaan K3 dilingkungan masing-masing sehingga dapat benar-benar terwujud. “Peringatan bulan K3 Nasional tahun 2017 ini adalah tanda dimulainya Bulan K3 nasional. Ini sangat tepat dan strategis untuk mendorong semua pihak berpartisipasi aktif membudayakan K3 yang diharapkan menjadi bagian integral dalam pembangunan nasional untuk meningkatkan produktifitas dan kesejahteraan masyarakat. Dengan budaya K3 kita tingkatkan kualitas hidup manusia menuju masyarakat yang selamat, sehat dan produktif,” tutupnya. (Mon77)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.