Puluhan Bakal Calon Sangadi di Boltim Tumbang

Bagikan Artikel Ini:

BERITATOTABUAN.COM,Puluhan Bakal Calon Sangadi di Boltim Tumbang BOLTIM  — Proses seleksi untuk bakal calon kepala desa (sangadi) di Kabupaten Bolmong Timur belum lama ini selesai digelar oleh Pemkab Boltim. Hasilnya, puluhan bakal calon sangadi di Boltim tumbang dalam tes tertulis dan wawancara yang digelar oleh panitia Pemilihan Sangadi (Pilsang) tingkat kabupaten.

Kepala Bagian Tata Pemerintahan (Tepem) Boltim, Suharto Paputungan, mengatakan penetapan siapa saja yang lulus tes sudah diumumkan panitia kabupaten, setelah itu ditindaklanjuti panitia di tingkat desa untuk ditetapkan sebagai Calon Sangadi (Calsang) yang akan bertarung pada 7 November nanti. “Total yang lulus ada 156 Bacalsang, mereka akan diplenokan pihak panitia ditingkat desa kemudian diundi nomor urutnya,” ujarnya.

Lanjutnya, ada 13 desa yang akan melaksanakan Pilsang dengan calon tunggal. Di Kecamatan Kotabunan 3 desa, Tutuyan 1 desa, Motongkad 4 desa, Modayag 2 desa dan Mooat 3 desa. “Dalam pemilihan nanti, calon tunggal yang berada di 13 desa tersebut, harus mencapai kuota 50 persen plus 1 pemilih. Kalau tidak, berarti Pilsang diulang kembali,” lanjutnya.

Jelasnya, untuk tahapan selanjutnya panitia di desa akan memplenokan Daftar Pemilih Tetap (DPT) di desa, baru dilaksanakan kampanye selama tiga hari. “Panitia kabupaten tinggal mengawasi hingga pelaksanaan Pilsang dilaksanakan. Jika ada gugatan, kami panitia kabupaten siap menghadapi,” jelasnya.

Wakil Bupati (Wabup) Boltim  Rusdi Gumalangit menambahkan, semua panitia di tingkat desa agar netral. Tidak memihak pada calon siapapun, untuk menjaga stabilitas pelaksanaan Pilsang. “Kalau ditemukan ada yang memihak, siap-siap menerima sangsi berat,” imbuhnya. (Mon777/efi/kur)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.