Rombongan 47 Sangadi Pesisir di Boltim Disambut Baik Pemerintah Desa Lembar Selatan

Bagikan Artikel Ini:

 

:Rombongan 47 Sangadi saat mengunjungi desa lember selatan

BERITATOTABUAN.COM, BOLTIM -Agenda studi turi 47 Sangadi (Kepala Desa), se Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), diawali di Desa Lembar Selatan, Kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok Selatan. Kunjungan para sangadi tersebut, didampingi langsung Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Boltim, Hendra Tangel, Kepala Inspektur Daerah, Hardiman Pasambuna, Kepala Dinas PP-KB, Rosita Pobela serta anggota DPRD Boltim, Revvy Lengkong dan Alamri Matiala.

Pantauan media ini, tiba di Desa Lembar Selatan, rombongan langsung disambut dengan tarian adat khas Lombok. Ada pun para pejabat yang turut menyambut kedatangan rombongan yakni Kepala DPMD dan Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Lombok Barat, Camat Lembar Agus Sutrisman, dan Kepala Desa Lembar Selatan Beni Basuki. “Terima kasih sudah berkunjung di Desa Lembar Selatan dan menjadikan Desa ini sebagai tujuan studi tiru dari Kabupaten Boltim,” ujar Camat Lembar Agus Sutrisman, Kamis 25 Agustus 2022.

Lebih lanjut, Sutrisman mengatakan, di Desa Lembar Selatan ada beberapa destinasi wisata, salah satunya ada taman wisata mangrove, selain itu juga ada wisata kuliner, dimana keseluruhan tempat wisatanya dikelolah Badan Usaha Miliki Desa (Bumdes). “Di desa ini juga memiliki kawasan ekowisata terbaik yakni taman mangrove, selain itu ada juga wisata pantai,” terangnya.

Hal serupa juga dikatakan Kepala Desa Lembar Selatan Beni Basuki, dirinya mengungkapkan, desa yang dipimpinnya tersebut sudah beberapa kali mendapatkan penghargaan tingkat nasional hingga internasional. “Di desa Lembar Selatan program digitalisasi desa sudah mulai berjalan. Kami sudah mempermudah pelayanan kepada masyarakat, diantaranya surat – menyurat melalui aplikasi simpeldesa,” ujar Beni.

“Aplikasi simpeldesa juga digunakan Bumdes untuk mempromosikan hasil kerajinan tangan serta potensi – potensi yang ada di desa Lembar Selatan,” tambahnya.

Sementara itu, mewakili Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto, Kepala DPMD Boltim, Hendra Tangel dalam sambutannya mengatakan, pihaknya mengucapkan terima kasih atas penyambutan yang dilakukan pemerintah Lombok Barat serta Pemerintah Desa Lembar Selatan. “Ini penyambutan yang sangat luar biasa. Terima kasih sudah menerima rombongan kami untuk belajar di desa Lembar Selatan ini,” ungkap Hendra.

Hendra juga menambahkan, tujuan 47 Sangadi di desa Lembar Selatan untuk studi tiru terkait dengan digitalisasi desa melalui aplikasi simpeldesa smart vilage nusantara (SVN) dan pengelolaan Bumdes. “Tentunya apa yang kami pelajari disini akan diimplementasikan. Semuanya demi kesejateraan masyarakat,” tutupnya.

laporan : rifki palengkahu

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.