Rusdi Hadiri Puncak Rembug Desa Nasional 2017

Bagikan Artikel Ini:

 

Wabup Boltim Rusdi Gumalangit saat berbincang bersama sejumlah kepala daerah di acara Rembug Desa Nasional

BERITATOTABUAN.COM, BOLTIM – Kegiatan acara puncak Rembug Desa Nasional 2017, di Kabupaten Bantul Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin (27/11/2017) kemarin, turut dihadiri Wakil Bupati Boltim Rusdi Gumalangit.
Kegiatan refleksi tiga tahun desa membangun indonesia ini, dibuka langsung Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo, tersebut juga dihadiri perwakilan Bupati dan Walikota dari pulau Jawa dan Sulawesi.
Wakil Bupati Rusdi Gumalangit mengatakan, tema besar yang digagas dalam rembug kali ini terkait dengan peran strategis desa dalam pembangunan berkelanjutan. Hal ini dijabarkan lewat sub tema yang mendukung terwujudnya gagasan besar tersebut. Antara lain, pengembangan ekonomi lokal yang terdiri dari pasar desa, wisata desa dan program unggulan desa.
“Program inovasi desa meliputi teknologi tepat guna dan sistem informasi desa, serta pembangunan kawasan perdesaan yakni perhutanan sosial dan tata ruang desa, juga yang dibahas yakni badan usaha milik desa yang terdiri dari Bumdesa dan Bumdesa bersama, serta Mitra Bumdes Nusantara.” ujar Rusdi.
Rusdi menambahkan, Pemkab Boltim senantiasa pro aktif dalam mendukung program pemerintah pusat, termasuk dari Kementerian Desa ini. Menurut Wabup, kemajuan suatu daerah dimulai dari tingkat Desa. “Jika desa maju, itu artinya Pemerintah Daerah sukses dalam menjalan tugas dan tanggung jawabnya lewat Program yang mengacu di visi-misi. Sehingga kami Pemerintah Daerah sangat mendukung segala bentuk kebijakan dan program pembangunan Desa yang dicanangkan oleh Pemerintah pusat dalam hal ini Kemendes. Untuk itu, mari sama-sama kita membangun dari Desa,” pintanya.
Sementara itu, Menteri Eko Putro Sandjojo, dalam sambutannya mengatakan bahwa terdapat empat peningkatan program Kementrian Desa yang menjadi prioritas. Antara lain Prukades, Embung, Bumdes, dan sarana olahraga. “Empat sektor ini yang jadi prioritas kami untuk dikembangkan,” kata Eko.
Dalam kesempatan tersebut, Eko juga langsung memimpin penyusunan resolusi Undang-undang (UU) Desa sehingga benar-benar mampu mewujudkan kedaulatan dan kesejahteraan kawasan perdesaan di Indonesia.(mg3/Mon77).

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.