Sehari, Tiga Sangadi di Boltim Diganti

Bagikan Artikel Ini:
Wabup Boltim melantik salah satu sangadi

Wabup Boltim melantik salah satu sangadi

BERITATOTABUAN.COM, BOLTIM – Guna memaksimalkan jalannya roda pemerintahan di tingkat desa, Pemkab Boltim Jumat (01/04/2016) kemarin melakukan pergantian tiga Kepala Desa (Sangadi). Mereka masing-masing Foni Pesak yang menggantikan Revindo Tumiwa sebagai Sangadi Bongkudai Selatan, dan Sangadi Tutuyan tiga, Samsi Paputungan menggantikan Stenly Budiman, serta Sangadi Tombolikat Selatan Subhan Wakid menggantikan Berlian Salambela,

Ketiga sangadi tersebut ditunjukan berdasarkan surat bernomor: 100/c.2-MDG/12/IV/2016,

Pelantikan tersebut dilakukan langsung oleh Wakil Bupati Drs Rusdi Gumlangit, dan ikut dihadiri oleh Kaban BPMPD Arsad Mamonto, Sekertaris Kesbangpol Sarifudin Mokoagow, Kapolsek Modayag, Kepala Koramil Modayag, serta sejumlah staf baik dari kecamatan dan desa yang hadir melihat langsung pelantikan itu.

Dalam kesempatan tersebut, Rusdi menginatkan kalau Sangadi adalah ujung tombak dalam penyelenggara pemerintah daerah. Sehingga sangadi diminta mampu mengakomodasi kepentingan masyarakat.

“Belian diminta untuk menyelesaikan kasus yang sudah bermuara ke hukum. Makanya ini hanya pemberhentian sementara. Kalai dia mampu menyelesaikan dalam tiga bulan, jabatannya akan di kembalikan. Untuk sangadi bongkudai selatan atas perintah Bupati tetap diganti,” ucap Rusdi.

Rusdi pun memerintahkan, kedua Sangadi untuk semua elemen masyarakat agar pemerintahan desa segera dijalankan.

“Saya minta untuk merangkul semua pihak dan memberikan pelayanan sebaik-baiknya tanpa pandang bulu,”tegasnya.

Dirinya pun meminta sangadi untuk berkoordinasi dengan pengurus kelembagaan seperti badan Permusyawaratan desa dan melakukan pembenahan sumber daya aparatur desa dan suber pendapatan desa.

“Aparatur desa yang baik harus bisa memahami kondisi wilayah masing-masing. Desa harus memiliki data yang valid tentang warga miskin, potensi desa dan data lainnya. Sehingga sangadi dan aparat desa akan udah menjalankan roda pemerintahan,”tutup Wabup.(sandy)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.