Tahun Depan, Rp 93 Miliar Disiapkan Untuk INFRASTRUKTUR DESA

Bagikan Artikel Ini:

 

Bangun Jalan Desa Jiko Belanga, Sehan Alokasikan Dana Rp9 Miliar

Sehan Landjar SH

BERITATOTABUAN.COM, BOLTIM –  Tahun depan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boltim, mengalokasikan anggaran senilai Rp93 miliar untuk peningkatan infrastruktur di 80 desa.  Anggaran itu, kata Bupati Boltim Sehan Landjar, sengaja dialokasikan agar pembangunan di desa terus dilakukan tiap tahunnya. Disamping ada Dana Desa (Dandes) di tiap desa.  “Jumlahnya Rp 96 miliar, namun ada sedikit untuk partai politik.  Sehingga menjadi Rp93 miliar untuk desa. Jumlah ini naik Rp10 miliar  dari tahun ini,” ujar Bupati.

Diejlaskan olehnya, hal tersebut merupakan kerja sama antara eksekutif dan legislatif pada pembahasan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2018, lalu. “Luar biasa Sekretaris Kabupaten (Sekab) dan anggota dewan yang sudah melakukan rasionalisasi anggaran lebih dari Rp40 miliar untuk kepentingan rakyat,” jelas Landjar.

Sehan berharap,  anggaran besar digelontorkan untuk pembangunan segala sektor di desa, harus dimanfaatkan dengan maksimal.  Karena niat mengalokasikan anggaran demi infrastruktur publik yang menunjang kebutuhan masyarakat. “Terutama pemerintah di desa agar turut berperan aktif menjalankan semua program dan kegiatan Pemkab,” harap Eyang sapaan akrab Bupati.

Sementara itu, Ketua Komisi I Dekab Boltim Sofyan Alhabsy mengungkapkan, anggaran dialokasikan Pemkab untuk desa melalui pembahasan cukup tegang. Sebab, beberapa anggaran di SKPD dipangkas demi kenepentingan publik. “Karenanya, saya sebagai wakil rakyat berharap anggaran tersebut benar-benar digunakan untuk kepentingan publik. Jangan ada lagi menyalagunakan,” ungkap Sofyan. (mg3/Mon77).

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.