Tiga Instansi di  Boltim Sepakati Penanggulangan Bencana dan Penanganan Sosial Bagi Siswa SD

Bagikan Artikel Ini:

Penandatanganan MoU Penanggulangan Bencana dan Penanganan Sosial Bagi Siswa SD / Foto : Rifki Palengkahu

BERITATOTABUAN.COM, BOLTIM -Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Dinas Sosial (Dinsos) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) melakukan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) dalam rangka penanggulangan bencana dan penanganan sosial bagi siswa SD dan SMP serta lanjut usia (lansia), di ruangan Sekretaris Daerah (Sekda) Boltim, Kamis (9/6/2022).

Sekertaris daerah (Sekda) Boltim Ir Sonny Warokka mengatakan, penandatangan MoU dengan ketiga Instansi Boltim itu bertujuan untuk mencegah kepanikan siswa ketika ada bencana. “Tadi itu sosialisasi jalur evakuasi dan kebencanaan ke para siswa,” ujar Sekda.
Sementara itu, Kepala Disdikbud Boltim, Yusri Damopolii mengatakan, MoU tersebut adalah upaya pemerintah dalam menyikapi kondisi di Boltim yang rawan bencana.
 “Boltim adalah daerah yang selalu waspada bencana. Berdasarkan fakta terakhir ini, ada beberapa kali terjadi bencana diantaranya banjir, kebakaran rumah, gempa bumi ataupun tanah longsor,” terangnya.
Lanjutnya juga, dalam mitigasi bencana, yang menjadi prioritas adalah anak-anak dan lansia. “Di samping itu, upaya ini kita lakukan agar anak-anak (siswa) dan lansia ketika ada bencana semisal gempa ataupun banjir tidak terfokus pada kepanikan, justru mampu mengambil sikap yang tepat dalam penyelamatan,” ujarnya.
Penandatanganan MoU tersebut turut di hadiri Asisten II Mr Alung, Asisten III Rusmin Mokoagow dan Kepala DLH Boltim Sjukri Tawil.
Rerporter : Rifki Palengkahu
Editor : Junaidi Amra

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.