Tim Maleo Polres Bolmong Bongkar Tambang Ilegal di Matongkad

Bagikan Artikel Ini:

 

Tim Maleo Polres Bolmong saat menghentikan aktifitas tambang ilegal di Matongkad Bolmong Timur

BERITATOTABUAN.COM, BOLTIM – Keberadaan tambang emas ilegal di wilayah Desa Motongkat Utara Kecamatan Motongkat, selasa (21/032017) kemarin, ditertibkan tim terpadu yang tediri dari Pemerintah Kecamatan Motongkat, Polsek Nuangan dibantu Tim Khusus Maleo Polres Bolmong. Dalam penertiban tersebut, tim berhasil mengamankan sekitar 50 penambang dilokasi tersebut.

Camat Motongkat Abdul Mufdar Mokoagow, saat dikonfirmasi harian ini mengatakan, pihaknya suda beberapa kali memberikan peringatan kepada para warga yang melakukan aktifitas pertambangan di lokasi tersebut namun tidak pernah diindahkan. “Makanya, kita turun langsung dengan aparat kepolisian dan menutup secara paksa lokasi pertambangan tersebut,” ujar Camat.

Dirinya mengatakan, keberadaan tambang ilegal tersebut sudah sangat meresahkan, hal ini dikarenakan tambang emas tersebut tidak mengantongi ijin, terutama ijin lingkungan. “Yang lebih memiriskan, lokasi tambang ini adalah perkebunan yang ada pemiliknya, jadi ini bisa dikatakan pencurian lahan, karena pemilik lahan yang sebenarnya sudah mengeluh kepada saya,” tuturnya.

Kapolsek Nuangan IPTU Suwoyo ketika dikonfirmasi mengatakan, para warga yang diamankan tersebut tidak di tahan. “Pemerintah kecamatan Motongkat meminta bantuan kepada kita untuk turun melakukan penertiban, sehingga kita turun ke lokasi, dalam penertiban ini tidak penambang yang kita tahan hanya diberikan pembinaan agar tidak melakukan lagi aktifitas pertambangan di lokasi tersebut,” ujar Kapolsek.(mg3/Mon77)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.