Wabup Boltim : Keluarga Sangat Berpengaruh Pada Pertumbuhan Pendidikan Anak

Bagikan Artikel Ini:
Wabup Boltim saat membukan sosialisasi pendidikan keluarga siang tadi

BERITATOTABUAN.COM, BOLTIM – Wakil Bupati Bolaang Mongondow Timur Drs Rusdi Gumalangit menegaskan kalau lingkungan keluarga sangat berpengaruh pada tumbuh kembang dan kwalitas pendidikan anak.

Hal tersebut dikatakan Rusdi dalam sambutannya saat membuka sosialisasi penyelenggaraan pendidikan keluarga, di Desa Togid, Rabu (21/08/2019) siang tadi. ”Untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas tidak lepas dari peran keluarga, pemerintah dan masyarakat.  Namun demikian, lingkungan keluarga sangat berpengaruh dan berperan besar pada kemajuan anak,” ujar Rusdi.

Wabup juga dalam kesempatan itu mengatakan kalau perilaku dan karakter anak terbentuk lewat kebiasaan di keluarga karena anak-anak memiliki lebih banyak waktu di lingkungan keluarganya. “Sehingga itu para orang tua diharapkan tidak menyerahkan peranan itu sepenuhnya kepada pemerintah saja,” tuturnya.

Keluarga, tambahnya, sangat berperan dalam rangka melakukan sosialisasi, bahkan internalisasi nilai-nilai pendidikan. “Pendidikan keluarga harus dilaksanakan utamanya dalam bentuk bantuan, bimbingan, penyuluhan dan pengajaran sesuai potensi masing-masing anak. Kalau kualitas mereka saat ini baik, maka yakinlah kualitas para pemimpin nanti juga akan baik terutama dalam sisi moral,” urai Wabup.

Sementara, Kasubdit Kemitraan Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga Kementerian Pendidikan RI, Drs. A Hendra Sudjana M.Ed, menuturkan selain lingkungan masyarakat dan satuan pendidikan, keluarga mempunyai peran penting dalam pendidikan anak untuk mewujudkan generasi emas Indonesia. “Kemitraan antara keluarga, satuan pendidikan dan masyarakat diharapkan menjadi salah satu langkah dalam mendukung perkembangan anak dengan optimal,” imbuh Sudjana. (mg3/mon77)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.