Waspada, Gelombang Tinggi Masuki Perairan Wilayah Boltim

Bagikan Artikel Ini:

 

Waspada, Gelombang Tinggi Masuki Perairan Wilayah Boltim

BERITATOTABUAN.COM, BOLTIM -Badan Penganggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) mengimbau kepada seluruh masyarakat agar waspada potensi bencana alam. Karena, menyusul cuaca ekstrem yang melanda sejumlah wilayah di Sulawesi Utara (Sulut).

Hal ini diungkapkan Kepala BPBD Boltim Elvis Siagian, ia mengatakan saat ini cuaca di seluruh Indonesia dan Sulawesi Utara bahkan di wilayah kita, Bolaang Mongondow Timur, saat ini mengalami musim pancaroba, hujan lebat, dan angin puting beliung,” ungkap Elvis (10/10/2022)

Ia juga mengingatkan dampak cuaca ekstrem yang berpotensi mengakibatkan sejumlah bencana.
Bencana tersebut bisa berupa longsor hingga gelombang tinggi. Sebagian besar wilayah Boltim sendiri merupakan daerah pegunungan dan pesisir pantai.

Pemerintah daerah melalui bupati dalam setiap kesempatan selalu mengimbau seluruh masyarakat Boltim yang tinggal di lereng gunung, di bantaran sungai, dan di pinggiran pantai.

“Oleh karenanya bila kita tahu sudah mulai hujan dan angin serta gelombang tinggi, maka diharapkan menghindar serta mengungsi ke lokasi aman, supaya kita terhidar dari hal-hal yg kita tidak harapkan,” imbaunya.

Sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi di perairan Kotabunan Boltim.

Peringatan dini gelombang tinggi tersebut berlaku Senin (10/10/2022) pukul 14.15-17.30 Wita.  (Rifki Palengkahu)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.