Angka Kemiskinan di Kotamobagu Turun Jadi 5,42 Persen

Bagikan Artikel Ini:

 

Angka Kemiskinan di Kotamobagu

Wali Kota Kotamobagu Ir Hj Tatong Bara saat menyampaikan sambutan di hadapan sidang paripurna istimewa DPRD Kotamobagu kemarin

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU – Angka kemiskinan di Kota Kotamobagu dibawah kepemimpinan Wali Kota Kotamobagu Ir Hj Tatong Bara dan Wakil Wali Kota Kotamobagu Nayodo Koerniawan terus mengalami penurunan.

Hal tersebut tercermin dari pernyataan Wali Kota Kotamobagu Ir Hj Tatong Bara dalam sambutannya, saat sidang paripurna istimewa dalam rangka HUT ke 14 Kota Kotamobagu yang digelar oleh DPRD Kota Kotamobagu, Senin (24/05/2021) kemarin.

“Pemerintah Daerah Kota Kotamobagu berhasil menurunkan Tingkat Kemiskinan di daerah ini, dimana berdasarkan data terakhir dari Badan Pusat Statistik Kota Kotamobagu, tingkat kemiskinan Kota Kotamobagu mengalami penurunan dari Tahun 2019 yang tercatat 5,71 persen, menjadi 5,42 persen pada Tahun 2020,” ungkap Tatong.

Tidak hanya itu, Wali Kota dua periode ini juga menambahkan, peningkatan dan perkembangan kota kotamobagu, juga dapat terlihat berdasarkan data – data capaian pertumbuhan ekonomi di daerah ini, dimana hal tersebut dapat dilihat dari besaran Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Atas Dasar Harga Berlaku, pada tahun 2020, yang tercatat pada angka Rp. 29.012.000,- , dan untuk Produk Domestik Bruto (PDRB) Atas Dasar Harga Konstan, tercatat pada angka Rp. 18.344.000,.

“Demikian juga, meskipun saat ini kita semua tengah menghadapi pandemi covid – 19 yang melanda dunia secara global, serta ikut menghantam berbagai sendi perekonomian masyarakat, namun, kota kotamobagu masih mencatatkan pertumbuhan ekonomi yang positif, yakni pada angka 0,20,” tambahnya.

Selain itu, kualitas hidup dan kesehatan di Kota Kotamobagu juga terus mengalami peningkatan. Dimana hal ini dapat dilihat dari besaran Angka Harapan Hidup yang mencapai angka 70,47, atau mengalami kenaikan dari target sebesar 69,75. “Sementara untuk Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Kota Kotamobagu berada pada angka 72.97, atau mengalami kenaikan dari target 72,1,” tuturnya. (mg1)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.