Belasan Desa dan Kelurahan di Kotamobagu Masuk Program P3TGAI, Wali Kota Berterima Kasih ke H2M

Bagikan Artikel Ini:

 

Perubahan RPJMD Kota Kotamobagu

Wali Kota Tatong Bara Buka Musrenbang Perubahan RPJMD Kota Kotamobagu Tahun 2018-2023 / Foto Miranty Manangin

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU – Ada belasan desa dan Kelurahan di Kotamobagu diketahui masih dalam program penerima Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI) tahun 2022 dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia melalui Balai Wilayah Sungai Sulawesi I.

Dimana, berdasarkan Keputusan Menteri PUPR Nomor 109/KPTS/M/2022 tanggal 17 Februari 2022 tentang Penetapan Lokasi Daerah Irigasi Penerima Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi Tahun 2022, tercatat ada 12 Desa dan Kelurahan yang masuk dalam program tersebut di Kotamobagu.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Kotamobagu, Claudy N. Mokodongan, ST., membenarkan informasi ini, usai mengikuti Sosialisasi P3TGAI yang dilaksanakan Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi 1, secara virtual, Selasa 22 Februari 2022. “Di tahun 2022 ini, 12 Desa dan Kelurahan di Kotamobagu, masuk lokasi penerima Program P3TGAI Kementerian PUPR, diantaranya Moyag Tampoan, Tumubui, Kobo Besar, Motoboi Besar, Moyag Todulan, Molinow, Mongkonai Barat, Pontodon Timur, Genggulang, Tabang, Bungko, dan Kopandakan 1. Program P3TGAI ditujukan untuk penanganan daerah irigasi di wilayah ini,” ungkap Claudy Mokodongan.

Kegiatan ini, lanjut Claudy, untuk mensosialisasikan rencana tahapan persiapan dan perencanaan Program P3TGAI bagi daerah lokasi penerima. “Tahapannya mulai dari sosilasasi, musyawarah desa, pembuatan akta notaris P3A, hingga penandatanganan MoU antara daerah penerima dengan Balai Wilayah Sungai Sulawesi 1,” tambahnya.

Wali Kota Kotamobagu Ir. Hj. Tatong Bara, mengungkapkan rasa syukur dan terima kasihnya kepada Kementerian PUPR yang telah mengakomodir usulan penanganan daerah irigasi sungai yang diajukan Pemerintah Kota Kotamobagu beberapa waktu lalu, termasuk perjuangan Anggota DPR RI Herson Mayulu dalam meloloskan usulan ini.

“Atas nama pemerintah daerah dan seluruh masyarakat Kota Kotamobagu saya menyampaikan ucapan terima kasih serta apresiasi yang tinggi kepada Kementerian PUPR, terutama kepada Pak Herson Mayulu atas perjuangan dan peran besarnya hingga usulan kami bisa disetujui Kementerian PUPR. Insyaallah perjuangan Pak Herson ini akan membawa manfaat besar bagi masyarakat Kota Kotamobagu,” imbuh Wali Kota Tatong  Bara.

Reporter : Miranty Manangin

Editor : Junaidi Amra

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.