BPOM Lakukan Sidak ke Pasar Ramadhan di Kotamobagu

Bagikan Artikel Ini:

 

Pasar Ramadhan di Kotamobagu

Petuga BPOM saat sidak di Pasar ramadhan di Kotamobagu sore tadi

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Manado, Kamis (29/04/2021) sore tadi, melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke pasar ramadhan yang ada beberapa lokasi di Kotamobagu.

Kordinator Bidang Infokom BPOM Manado Dra Maria Sarlota Patabang mengatakan kalau inspeksi mendadak (sidak) tersebut dilakukan, untuk meneliti dugaan adanya bahan berbahaya yang tidak layak konsumsi, yang icampur pada bahan makanan yang dijual oleh pedagang di pasar ramadhan. “Yang kita sasar adalah kue-kue berwarna yang diduga dicampur dengan pewarna tekstil, serta bahan makanan lain mengandung tepung yang diduga dicampur dengan bahan berbahaya untuk menjaga kekenyalan serta tekstur dari kue tersebut,” ungkap Maria.

Dirinya mengatakan, dari 4 titik yang disidak oleh mereka, ada sekira 40 sampel kue dan bahan makanan yang diambil mereka untuk diperiksa. “Nanti hasil pemeriksaannya kita berikan ke Dinas Kesehatan, untuk ditindaklanjuti apabila terdapat bahan berbahaya di dalam makanan tersebut,” tambahnya.

Dirinya mengatakan, dalam sidak tersebut juga pihaknya ikut memberikan edukasi ke pedagang, untuk tidak mencapurkan bahan-bahan berhaya ke kue dan makanan yang mereka jual. “Prinsipnya kita mengedepankan dugaan mungkin mereka belum tahu mana yang berbahaya dan tidak, makanya tadi sudah sekalian kita edukasi agar kue dan makanan yang dijual benar-benar aman dikunsumsi,” tuturnya. (mg1)

 

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.