Dinkes Himbau Cegah DBD Dengan 3M di Musim Kemarau

Bagikan Artikel Ini:

 

Plt Kepala Dinkes Kotamobagu, Devi Ch Lala

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kotamobagu, menghimbau penyakit Demam Berdarah (DBD) pada musim kemarau panjang akan meningkat maka segera lakukan 3M. Menurut Kepala Dinkes, Devi Ch Lala, serangan deman berdarah akan lebih meningkat penyebarannya pada musim kemarau sebab nyamuk berkembang biak lebih banyak

“Nyamuk yang membawa penyakit berbahaya itu jenisnya Aedes Aegypti, nah biasanya nyamuk ini mudah berkembang biak di musim panas,” kata Lala, kamis (23/08/2018).

Karena itu kata Lala, masyarakat harus waspada dengan nyamuk pembawa penyakit yang bisa mematikan tersebut. Sambungnya, langkah untuk pencegahannya setiap warga harus memperhatikan kondisi lingkungan rumah yang tidak steril dari kebersihan.

“Kita lakukan pencegahan dengan Menguras, Menutup dan Mengubur sampah (3M), sebab nyamuk biasanya menyukai tempat yang kotor dan karena cuaca panas nyamuk biasanya mencari tempat yang lembab seperti genangan air,” jelasnya.

Ia menambahkan, mulai bulan Januari sampai Agustus 2018 Dinkes telah menerima laporan masuk sebanyak 70 kasus DBD tetapi terdiagnosa hanya 22 orang yang terkena penyakit tersebut, jadi ia berharap agar masyarakat mewaspadai penyebaran penyakit tersebut dengan melakukan tiga langkah yang tersebutkan itu, harapnya. (febri limbanon)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.