Dispar Sulut Mulai Survey Potensi Wisata di Kotamobagu

Bagikan Artikel Ini:

 

Kepala Disbudpar Kotamobagu saat menerima kunjungan dari pihak Dinas Pariwisata Provinsi Sulut

BERITATOTABUAN.COM KOTAMOBAGU -Upaya Pemkot Kotamobagu untuk mengembangkan destinasi pariwisata mulai mendapat perhatian Pemprov Sulawesi Utara. Hal ini dibuktikan dengan kunjungan dari tim dari Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Utara ke lokasi Air Terjun Molipungan Desa Wisata Kobo Kecil, Hutan Kota Kelurahan Mongkonai dan Air Terjun Boliagonan Desa Poyowa Besar Kamis (13/10/2017) kemarin.
Tim yang dipimpin oleh Jhon Paerunan, SH, selaku Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Utara ini diterima langsung oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Kotamobagu Moch. Agung Adati, ST.,M.Si di ruang kerjanya. Kepada awak media Agung menjelaskan bahwa kedatangan Tim dari provinsi ini terkait dengan tindak lanjut dari rencana Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dalam rangka penetapan Kawasan Strategis Pariwisata Provinsi (KSPT) Sulut.
“Dari diskusi kunjungan itu, mereka melihat Kotamobagu memiliki objek wisata yang potensial untuk dikembangkan. Sementara ini ada tiga Destinasi yang telah masuk dalam KSPT yaitu Air Terjun Molipungan, Hutan Kota dan Air Terjun Boliagonan,” ujar Agung.
Ketiga Destinasi tersebut menurut Agung, menjadi prioritas untuk diusulkan masuk kedalam Riparprov Sulut yang nantinya akan ditetapkan menjadi Peraturan Daerah tentang Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Provinsi (Riparprov) Sulut. “Sementara untuk destinasi lainnya akan masuk kedalam kawasan pengembangan,” tambahnya.
Sementara itu, Jhon mengatakan kalau untuk pengembangan ketiga objek wisata tersebut ada beberapa bagian pekerjaan yang akan diintervensi melalui APBD Provinsi, dimana hal itu menurutnya akan disesuaikan dengan kemampuan anggaran yang tersedia. “Untuk itu kunjungan Tim kali ini adalah untuk berkoordinasi dengan Disbudpar Kota Kotamobagu terkait bagian-bagian pekerjaan mana yang akan diusulkan melalui APBD Provinsi Tahun Anggaran 2018, terang Jhon.(mg1/jun)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.