Dorong Sinergitas untuk Sukseskan Pilkada 2024, KPU Kotamobagu Gelar Media Gathering

Bagikan Artikel Ini:

Dorong Sinergitas untuk Sukseskan Pilkada 2024, KPU Kotamobagu Gelar Media Gathering

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kotamobagu melaksanakan giat media gathering di pelantaran Alun Alun Boki Hotinimbang, Sabtu, 18 Mei 2024.

Giat yang ditujukan untuk mensukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 ini , diikuti oleh 32 wartawan yang berasal dari media cetak, online dan elektronik.

Kadiv SosDikLih, Parmas dan SDM KPU Kota Kotamobagu, Hairun Laode mengungkapkan, media memiliki andil dalam mensukseskan Pilkada 2024, salah satunya sebagai sarana edukasi politik terhadap masyarakat.

“Tentunya, media sebagai sumber informasi memiliki peranan penting dalam mensukseskan gelaran Pilkada,” ujarnya.

Lebih lanjut, dengan sinergitas antara media dan KPU Kotamobagu, dapat mendorong angka partisipasi masyarakat.

“Targetnya, angka partisipasi masyarakat dapat meningkat, dari yang sebelumnya diangka 82 persen pada Pemilu, bisa menyentuh angka 90 persen di Pilkada,” terang sosok yang berlatar belakang jurnalis ini.

Supardi Bado, mantan Sekretaris AMSI Sulawesi Utara yang dihadirkan sebagai pemateri menjelaskan peran medi sebagai kontrol sosial yang dapat mendorong partisipasi politik masyarakat.

“KPU wajib menggandeng jurnalis sebagai agen untuk mendorong partisipasi masyarakat meningkat,” ungkapnya.

Hal senada juga turut diungkapkan Junaidi Amra, ketua PWI Kotamobagu yang juga turut menjadi pemateri dalam media gathering KPU.

Salah satu misi jurnalis yakni membawa kabar gembira, sehingga apabila jurnalisme profetik diterapkan, dapat berimplikasi pada kesuksesan Pilkada Kota Kotamobagu.

“Maka jurnalisme profetik, itu ketika kita pahami, kita aplikasikan, Ini benar-benar akan menjadikan proses pilkada benar-benar pesta demokrasi yang meriah dan gembira, sehingga partisipasi masyarakat bisa meningkat,” pungkasnya.*(Angga Rasid)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.