Gedung Bobakidan Bakal Dijadikan Museum di Kotamobagu

Bagikan Artikel Ini:
Moch Agung Adati ST Msi

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU – Gedung Bobakidan yang terletak di Kelurahan Kotobangon Kecamatan Kotamobagu Timur bakal dialihfungsikan menjadi Museum di Kotamobagu.

Hal ini dikatakan oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaah (Disparbud) Kota Kotamobagu Moch Agung Adati ST Msi, kepada awak media, seraya menyebut keberadaan museum itu sendiri cukup penting, dalam rangka menyimpan hal-hal yang bersejarah serta kekayaan adat dan budaya di daerah. “Detail Engineering Design (DED) untuk gedung Bobakidan menjadi museum bahkan sudah ada. Tetapi, harus diakui bahwa kondisi gedung tersebut terlebih khusus di lantai II, itu sudah keropos dan perlu direhabilitasi secara keseluruhan,” ucap Agung.

Agung mengatakan kalau hal tersebut akan disampaikan ke pimpinan, agar bisa ditindak lanujuti dengan intervensi anggaran, guna perbaikan gedung tersebut. “Konsepnya Gedung Bobakidan itu akan menjadi Rumah Adat, dimana didalamnya tersimpah berbagai benda-benda bersajarah baik itu yang memiliki khazanah budaya maupun adat,” tambahnya.

Meski demikian, Agung mengatakan kalau proses pembangunan Gedung Bobakidan untuk dijadikan Museum bisa dilakukan saat ini. “Kemungkinan akan kita usulan pada perencanaan anggaran di tahun 2021 mendatang, serta akan dibahas bersama dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TPAD),” jelasnya. (fb)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.