Kelurahan Upai Ternyata Simpan Potensi Mata Air Yang Tidak Pernah Kering

Bagikan Artikel Ini:
Sumber mata air Bambe’an di Kelurahan Upai

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU — Kelurahan Upai Kecamatan Kotamobagu Utara rupanya menyimpan salah satu potensi Sumber Daya Alam (SDA), berupa mata air yang tidak pernah kering meski di musim kemarau panjang.

Hal ini terkuak ketika tim teknis perencanaan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Kotamobagu, turun melakukan survei lokasi mata air Bambe’an yang terletak di perkebunan milik salah satu warga Kelurahan Upai, Jumat (30/08/2019). “Kualitas mata air bambe’an cukup aman, sebab sudah teruji ketika musim kemarau beberapa tahun lalu, air di lokasi ini tidak pernah surut,” ujar  Kepala Seksi (Kasi) PLP dan Air Minum Dinas PUPR Kotamobagu, Zanti Arfa.

Znanti mengatakan pihaknya akan melakukan komunikasi dengan pemilik lahan, untuk bisa membangun bak mata air di lokasi itu. “Nanti masih aka nada survey lanjutan, kita akan berkordinasi dengan pemilih lahan dahulu untuk rencanan pembangunan bak mata air bersih di lokasi ini,” tambahnya.

Untuk estimasi anggaran pembangunan sumber air baku bersih di tempat itu, Zanti mengatakan dirinya memprediksikan sekira Rp200 juta. “Anggaran itu di luar pembangunan instalasi jaringan,” tuturnya.

Disisi lain, Wakil Ketua LPM Kelurahan Upai yang juga tokoh masyarakat setempat yakni Dado Laoh memberikan apresiasi atas rencana Pemkot Kotamobagu, untuk membangun sumber air baku bersih di lokasi itu. “Kita sangat berterimakasih ke Pemerintah Kotamobagu karena sudah mendengarkan keluhan warga Upai, serta dalam waktu singkat telah melakukan survey ke lokasi sumber mata air di tempat ini. Tentunya kami berharap begitu bak penampungan air ini dibangun akan meringankan warga dalam memperoleh air bersih,” imbuh Dado. (fb)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.