‘Ngopi’ Bareng Pewarta, KPU Kotamobagu: Kita Bikin Romantis

Bagikan Artikel Ini:

Ngopi Bareng Pewarta, KPU Kotamobagu: Kita Bikin Romantis

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU – Tingkat partisipasi masyarakat dalam suatu pesta demokrasi menjadi salah satu tolak ukur penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Dengan tingkat partisipasi masyarakat yang tinggi, menjadi indikator bahwa hak pilih setiap warga negara telah tersalurkan, sebagaimana amanat Undang-Undang.

Dalam upaya meningkatkan partisipasi masyarakat, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kotamobagu pun menyusun berbagai strategi, sebagaimana yang diungkapkan saat media gathering bertajuk Ngobrol Pilkada (Ngopi) bersama insan pers se-Kota Kotamobagu, Jumat 26 Juli 2024.

Ketua KPU Kotamobagu Mishart A Manoppo menjelaskan, diera digital saat ini, media sosial memiliki peranan penting dalam sosialisasi dan edukasi. “Berdasarkan evaluasi kami, peran media sosial cukup tinggi. Masyarakat kebanyakan mendapatkan informasi terkait kerja-kerja kami melalui laman media sosial resmi KPU sehingga kami pun turut memaksimalkan peran media sosial untuk sosialisasi dan edukasi,” ujarnya.

Lebih lanjut, pemberitaan baik media cetak, media online, radio maupun Tv juga memainkan peran yang sama pentingnya. Terlebih, informasi yang tersebar melalui media mampu merubah persepsi publik. “Pemberitaan mampu mempengaruhi tingkat kepercayaan masyarakat, tak terkecuali untuk kami, dalam hal ini KPU sebagai badan yang menyelenggarakan Pemilu,” lanjutnya.

Dirinya pun mendorong, agar para pewarta dapat memberikan pemberitaan yang tak hanya informatif, namun juga turut meredam gesekan yang akan terjadi dalam Pemilihan. “Agar dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat. Sehingga pesta demokrasi benar-benar menjadi pesta rakyat yang riang gembira,” ujarnya.

Selain memaksimalkan penyebaran informasi melalui media sosial dan pemberitaan, nantinya juga KPU Kotamobagu akan mengadakan event yang melibatkan komunitas-komunitas.

Dalam upaya tersebut, KPU Kotamobagu pun mengajak seluruh masyarakat untuk sama-sama membahu mensukseskan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara serta Walikota dan Wakil Walikota Kota Kotamobagu 2024.

“Mari sama-sama kita sukseskan Pilkada 2024, juga untuk rekan-rekan media, seperti ungkapan dalam sebuah lagu, kita bikin romantis,” ujar anggota KPU Kotamobagu, Heriyana Amir.

Acara Ngopi sendiri berlangsung di aula kantor KPU Kotamobagu, dan dihadiri langsung oleh Anggota KPU Kotamobagu, ketua Mishart A Manoppo, Anggota Ilmi K Paputungan, Anggota Hairun Laode, Anggota Ivan B Tandayu, Anggota Heriyana Amir, dan sekretaris KPU Kotamobagu Frans T A Manoppo.*(Angga Rasid)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.