Pastikan Kena DBD, 35 Warga Kotamobagu Tunggu Hasil Tes Labolatorium

Bagikan Artikel Ini:

 

Plt Kepala Dinkes Kotamobagu, Devi Ch Lala

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU -Dinas Kesehatan (Dinkes) Kotamobagu mencatat hingga Minggu (27/01/2019) kemarin sebanyak 35 orang warga Kotamobagu diduga terkena Demam Berdarah Dengue (DBD). Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Dinkes Kotamobagu, Apek Daeng Mangati, kepada Beritatotabuan.com mengatakan, kalau sebelumnya laporan yang masuk ada 34 orang dan kemarin pihaknya menerima laporan lagi terkait penyakit tersebut. “Kemarin ada laporan lagi yang masuk, ternyata ketambahan 1 orang yang diduga kena penyakit DBD, ditambah dengan jumlah sebelumnya sehingga total menjadi 35 orang,” ujar Apek, senin (28/01/2019).

Namun kata Apek, dari 35 orang itu, yang lain masih ditunggu hasil pemeriksaan labolatorium. “Kita belum bisa pastikan apakah 35 orang ini semua kena penyakit itu, jadi belum bisa kita katakan semunya positif karena ada sebagian yang dilaporkan itu masih menunggu hasil pemeriksaan,” tambahnya.

Masih menurut Apek, bahwa dari laporan itu memang paling banyak ketika diperiksa diduga terkena demam dengue, namun bukan berarti semuanya positif. “Kita masih sementara ikuti terus perkembangan pemeriksaan, andai semua positif maka sudah bisa kita fonis dari keseluruhan jumlah laporan itu bahwa mereka semua positif DBD, tetapi hari ini belum bisa,” tuturnya.

Selain pemeriksaan dan pengobatan dari tim medis, pihaknya bersama petugas Puskesmas akan turun langsung melakukan pengecekan di lingkungan rumah pasien yang terkena DBD dan melakukan penanganan antara lain Foging. (febri limbanon)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.