Pembangunan Saluran Irigasi di Kobo Besar Mulai Bergulir

Bagikan Artikel Ini:

 

Pembangunan Saluran Irigasi

Pembangunan Saluran Irigasi di Kelurahan Kobo Besar

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU – Camat Kotamobagu Timur Usmar Mamonto didampingi oleh Lurah Kobo Besar Eko Sukoco, meletakkan batu pertama pembuatan saluran irigasi, sebagai bagian dari Program Peningkatan Percepatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) dari kelompok tani Red People Kelurahan Kobo Besar, Rabu (28/04/2021) pagi tadi.

Usmar dalam peletakkan batu pertama tersebut, berharap agar saluran irigasi itu kedepan bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, khususnya para petani yang ada di sekitar dan dialiri oleh irigasi tersebut. ‘saluran irigasi ini untuk 11 anggota kelompok tani sawah juga kolam dengan luas lahan sekira 15 hektare. Dimana, untuk pengerjaannya menerapkan system swakelola dengan mempekerjakan 18 orang pekerja dari warga Kobo Besar,” ungkap Usmar.

Usmar menambahkan, keberadaan saluran irigasi tersebut diharapkan bisa meningkatkan produksi padi juga ikan air tawar di Kotamobagu. “Semoga dengan keberadaaan saluran irigasi ini edepan bisa meningkatkan produksi pertanian dan juga perikanan kita khususnya di sector ikan air tawar,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Lurah Kobo Besar Eko Sukoco mengatakan kalau saluran irigasi tersebut, anggarannya berasal dari APBN dengan alokasi dana sebesar Rp 195 juta. “Selain bisa meningkatkan kualitas pertanian, kami juga berharap saluran irigasi ini akan ikut meningkatkan ekonomi masyarakat yang tentu bisa seiring dengan kesejahteraan warga juga,” imbuh Eko. (mg1)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.