Pemerintah Desa di Kotambagu Diminta Segera Cairkan ADD Tahap I

Bagikan Artikel Ini:

 

Fahrin Ambaru

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU –Sebanyak 15 Pemerintah Desa yang ada di Kota Kotamobagu, diminta untuk segera mengajukan proses pencairan Alokasi Dana Desa (ADD) tahap I untuk tahun anggaran 2023.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Bidang Pembangunan, Keuangan dan Aset Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kota Kotamobagu Fahrin Ambaru.

Dimana, Fahrin mengatakan syarat pencairan ADD, wajib melengkapi dokumen proses pencairan, diantaranya RKPDes 2023, APBDes 2023, LPPDes 2022, hasil review atau surat keterangan dari Inspektorat terhadap penggunaan dana tahun 2022 serta surat rekomendasi dari camat. “Jika dokumennya lengkap, maka sudah bisa mengajukan pencairan ADD tahap I, sekaligus bisa menarik dana bagi hasil pajak dan retribusi tahun 2022,” ucap Fahrin.

Adapun program pembiayaan yang bersumber dari ADD antara lain Siltap sangadi (Kepala desa _red), aparat dan perangkat serta lembaga desa.

Mengingat masa waktu triwulan I telah berakhir dan telah memasuki masa triwulan II, maka fahrin mengimbau kepada para sangadi selaku Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), agar secepatnya mengajukan dokumen proses pemcairan ADD tahap I tahun 2023. “Karena ini sudah masuk triwulan II dan menjelang Idul Fitri maka segera memasukan dokumen pengajuan proses pencairan ADD serta DBH dan retribusi desa,” tambahnya. (*/junaidi amra)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.