Pemkot Bersama BKKBN Sulut Gelar Diseminasi Tindak Lanjut Hasil Kajian Kasus Stunting di Kotamobagu

Bagikan Artikel Ini:

 

Pemkot Bersama BKKBN Sulut Gelar Diseminasi Tindak Lanjut Hasil Kajian Kasus Stunting di Kotamobagu

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU –Pemerintah Kota Kotamobagu lewat Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PP dan KB), bersama dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasonal atau BKKBN Sulut, Kamis 3 November 2022 pagi tadi, menggelar diseminasi tindak lanjut hasil kajian stunting di Kotamobagu.

Kegiatan yang digelar di Sutan Raja Hotel Kotamobagu itu, dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah atau Sekda Kotamobagu Sofyan Mokoginta SH, dimana dalam sambutannya, Sofyan menyampaikan, bahwa kegiatan yang digelar merupakan wadah dalam memperoleh informasi bagi seluruh peserta. Dimana, dari informasi yang akan diperoleh ini, nantinya akan menumbuhkan kesadaran, sehingga dapat dimanfaatkan untuk tujuan dan sasaran bersama.

“Kegiatan diseminasi audit kasus stunting ini merupakan suatu upaya untuk melakukan identifikasi resiko serta penyebab kondisi tersebut, tentunya melalui surveilans rutin dan sumber data lainnya,” ujarnya.

Selain itu lanjutnya, kegiatan yang digelar juga untuk mengidentifikasi permasalahan bagi kelompok sasaran stunting yang terdiri dari  calon pengantin, ibu hamil, ibu menyusui, baduta dan balita.

“Kegiatan ini sangat penting, karena merupakan salah satu prioritas yang termuat dalam Perpres 72 tahun 2021 tentang rencana aksi nasional percepatan penurunan stunting. Dimana salah satunya adalah melakukan audit kasus stunting,” urainya.

Menurutnya, jika audit ini dilakukan dengan baik, maka tentu akan dapat merumuskan berbagai rekomendasi maupun kebijakan dalam rangka program penurunan stunting yang sekaligus dapat berkontribusi dalam rangka pencapaian target RPJMN.

“Tentu kegiatan ini dilakukan dalam rangka meningkatkan pemahaman sekaligus komitmen kita bersama selaku pemangku kepentingan untuk melakukan intervensi lintas perangkat daerah dan stakeholder sesuai poin yang dihasilkan maupun yang direkomendasikan dalam audit tersebut,” tandasnya.

Kegiatan turut dihadiri Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Utara Ir Diano Tino Tandaju, M.Erg, yang juga bertindak selaku narasumber, Kepala Dinas PP-KB Kotamobagu Ahmad Yani Umar, para camat, Kepala Puskesmas se Kotamobagu serta unsur terkait lainnya. (*/junaidi amra)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.