Pemkot Gelar Rakor Bersama KPU Kotamobagu

Bagikan Artikel Ini:

 

Pemkot Gelar Rakor Bersama KPU Kotamobagu

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU -Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu menggelar rapat koordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotamobagu, Selasa 30 Juli 2024.

Hadir mewakili Pemkot Kotamobagu, Asisten Bidang Pemerintahan, Nasli Paputungan, mengatakan, rapat bersama KPU tersebut dalam rangka membahas pelaksanaan tahapan pencalonan, lebih khusus rencana penyusunan visi-misi dan program bakal calon sesuai Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD).

“Rapat dengan Komisioner KPU kemarin, berkaitan dengan tahapan yang dilaksanakan sekarang. Dalam PKPU nomor 8 tahun 2024 memuat penyusunan visi-misi kandidat bakal calon kepala daerah itu harus berdasarkan RPJPD, sehingga dalam penyusunan visi-misi kandidat itu sudah ada acuannya terkait arah kebijakan pemerintah daerah yang nantinya juga akan sinkron dengan RPJMN,” kata Nasli.

“Rapat dengan KPU tersebut merupakan tahap awal, masih ada pertemuan selanjutnya dengan KPU guna membahas penyusunan materi untuk disampaikan ke Parpol sebagai partai pengusung dan ke kandidat yang akan maju dalam Pilkada 2024 nanti,” sambungnya.

Dihubungi terpisah, Ketua KPU Kotamobagu Mishart Ajinulah Manoppo, membenarkan terkait pertemuan pihaknya dengan Pemerintah Kota Kotamobagu.

“Untuk tahapan pencalonan pada Pilkada 2024, proses penyusunan program dan visi misi calon harus dan wajib mengacu pada dokumen RPJPD maupun RPJMD. Olehnya, kami dan pemerintah daerah mendiskusikan materi RPJPD yang akan disosialisasikan ke partai politik pengusung calon maupun perorangan yang mencalonkan diri, jadi pertemuan kemarin itu baru bersifat pra untuk persiapan sosialisasi terkait visi misi kandidat yang mengacu ke RPJPD,” imbuhnya. (*)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.