Pemkot Perkuat Pengawasan Terhadap Orang Asing di Kotamobagu

Bagikan Artikel Ini:

 

Pengawasan Terhadap Orang Asing

Asisten I Pemkot Kotamobagu saat membuka pelaksaana Rakor Tim Pengawasan Orang Asing siang tadi

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU –  Pemerintah Kota Kotamobagu hingga saat ini terus memperkuat pengawasan terhadap orang asing yang masuk dan keluar di wilayah itu. Hal tersebut tercermin dari kegiatan Rapat Kordinasi (rakor) tim pengawasan orang asing (PORA) yang dibuka langsung oleh Asisten I Pemkot Kotamobagu, Teddy Makalalag di Pondok Talaga Desa Bungko Kecamatan Kotamobagu Selatan, Senin (12/10/2020) siang tadi.

Dalam sambutannya, mewakili Wali Kota Kotamobagu Ir Hj Tatong Bara, Teddy mengatakan kalau rapat kordinasi tersebut rutin digelar mereka setiap tahun, bersama dengan instansi teknis terkait, khususnya kantor Imigrasi Kota Kotamobagu. “Untuk pengawasan orang asing di daerah ini, pihak Imigrasi bekerja sama dengan pemerintah daerah setempat, serta melibatkan beberapa instansi teknis lain yang ada di lingkungan Pemerintah Kota Kotamobagu,” ungkap Teddy.

Teddy mengatakan, salah satu contohnya adalah keterlibatan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), terkait dengan pencatatan pengawasan kependudukan, serta Dinas Pariwisata soal kunjungan wisatawan di daerah itu. “Untuk Dinas Tenaga kerja misalnya jika ada warga asing yang masuk sebagai tenaga kerja tentu akan ada laporan. Prinsipnya, Pemkot Kotamobagu menyambut baik pelaksanaan pengawasan ini,” tambah Teddy yang diketahui merupakan Wakil ketua Tim Pengawasan Orang Asing Kotamobagu.

Teddy menambahkan, sinergitas antara Pemkot Kotamobagu dan beberapa instansi vertical lain, dalam pengawasan orang asing diperlukan, mengingat perkembangan Kotamobagu yang kedepan akan menjadi ibukota Provinsi Bolmong Raya, “Makanya diperlukan kesiapan dari seluruh instansi teknis agar semuanya terkordinasi dengan baik dalam hal pengawasan orang asing di daerah ini,” tuturnya. (mg1)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.