Pengurusan Ijin di Kotamobagu Kian Mudah

Bagikan Artikel Ini:
Noval Manoppo

Noval Manoppo

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU – Kinerja Pemkot Kotamobagu dalam hal pelayanan di daerah itu kian meningkat. Salah satu indikasinya adalah dengan semakin mudahnya proses pengurusan segala macam bentuk perijinan yang dikeluarkan oleh Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu (KPTSP) Kotamobagu.

Disampaikan, Kepala KPTSP Kotamobagu Noval Manoppo Kamis (10/15/2015), pembuatan ijin di KPTSP sangat mudah sehingga masyarakat tidak akan kesulitan dalam mengurus berkas perijinan.

“Pemohon tinggal mengambil formulir, lalu mengisi formulir yang terterah beberapa persyaratan, kemudian tinggal dilengkapi. Misalnya, kalau dibutuhkan syarat adalah Analisis Dampak Lingkungan (Amdal) maka tinggal dilampirkan hal tersebut,” kata Noval.

Lanjutnya, jika misalkan tanah pemohon sekitar 5 Hektar maka akan ada ijin lokasi.

“Biasanya kalau pemohon memiliki tanah sekitar 5000 meter persegi, maka akan ada kajian tekhnis dari pertanahan dan itu dipantau langsung oleh Walikota,”ujarnya.

Ia menambahkan, kebanyakan kesulitan bukan dari persyaratan KPTSP tapi dari pemohon.

“Kendala kami dalam mengurus perijinan, seperti permohonan ijin mendirikan bangunan (IMB), disaat pemohon sudah memasukkan permohonan tidak melampirkan gambar bangunan rumah, sehingga sulit untuk diproses,” tandasnya. (jun)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.