Piala dan Piagam Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya Diterima Wali Kota Tatong Bara

Bagikan Artikel Ini:

 

Anugerah Parahita Ekapraya

Wali Kota Kotamobagu Ir Hj Tatong Bara saat menerima piala dan penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU – Wali Kota Kotamobagu Ir Hj Tatong Bara, Senin 27 September 2021 kemarin, menerima piala dan penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) kategori Pratama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kotamobagu, Virginia Olii. “Piala dan penghargaan tersebut sudah kita serahkan ke ibu Wali Kota,” ungkap Virginia.

Virginia Olii menambahkan kalau penghargaan APE tersebut, merupakan penegasan pengakuan atas komitmen dan peran para pimpinan daerah, dalam hal ini Wali Kota Tatong Bara, yang dinilai berhasil mewujudkan keadilan gender melalui strategi pengarusutamaan gender (PUG). “Kotamobagu sendiri alhamdulilllah berhasil menerima peghargaan untuk kategori pratama,” tambahnya.

Kedepan, kata Virginia pihaknya menargetkan untuk menaikkan kategori tersebut ke tingkat madya.

Diketahui, Wali Kota Tatong Bara sebelumnya menyampaikan rasa syukurnya atas capaian prestasi yang kembali diraih Pemkot Kotamobagu.

Menurutnya penghargaan dari pemerintah pusat ini merupakan bentuk pengakuan atas kinerja pemerintah daerah. Dimana, Kota Kotamobagu sebagai daerah yang memiliki prakarsa dan komitmen dalam pencapaian kesetaraan gender melalui strategi pengarus utamaan gender (PUG) dengan meraih Anugerah Parahita Ekapraya (APE).

“Pemerintah pusat tentu tak main-main dalam memberikan penghargaan kepada pemerintah daerah. Penghargaan ini secara langsung mengartikan bahwa pemerintah pusat memberikan pengakuan atas apa yang dilakukan oleh Pemkot Kotamobagu. Alhamdulillah saya sangat bersyukur atas raihan penghargaan ini,” kata wali kota.

Lebih lanjut wali kota mengatakan, untuk bisa mendapatkan penghargaan ini pemerintah daerah harus bisa memenuhi sejumlah indikator yang ditetapkan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak Republik Indonesia.

“Anugerah Parahita Ekapraya (APE) pemerintah daerah harus memenuhi 7 komponen kunci mulai dari komitmen, kebijakan, kelembagaan, SDM dan anggaran, alat analisis gender, data gender, serta partisipasi masyarakat. indikator-indikator ini semuanya harus dipenuhi oleh pemerintah daerah untuk mendapatkan penghargaan ini,” lanjut Walikota perempuan dengan segudang prestasi ini.

Diraihnya penghargaan ini kata wali kota, tentu tak lepas dari kerja keras semua pihak terkait, yang bisa bekerjasama, berkoordinasi dan saling kolaborasi dalam memenuhi berbagai indikator yang ada.

“Atas nama pemerintah daerah saya menyampaikan ucapan terima kasih serta apresiasi yang setinggi-tinggi atas kerja keras perangkat daerah teknis serta semua pihak yang terlibat langsung dalam pemenuhan indikator-indikator ini, dan tentu yang paling penting adalah peran serta masyarakat yang ikut aktif memberikan dukungan kepada Pemkot Kotamobagu. Ini menandakan kerjasama dan kolaborasi antara pemerintah daerah dan masyarakat di Kota Kotamobagu sudah berjalan dengan sangat baik,” ucap wali kota. (*/mg1)

 

 

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.