Pjs Walikota Buka Festival Monuntul Kotamobagu

Bagikan Artikel Ini:

Pjs Walikota Kotamobagu saat memasang lampu botol tanda digulirnya Festival Monuntul Kotamobagu

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU – Tradisi monuntul atau malama pasang lampu menjelang Idul Fitri 1439 Hijriah, dibuka oleh Pjs Walikota Kotamobagu, Muhamad Rudi Mokoginta, SE.MTP, yang digelar di lapangan Kelurahan Motoboi Kecil, Kecamatan Kotamobagu Selatan, Senin (11/06/2018) malam tadi.

Pjs Walikota Kotamobagu saat bersiap memasang lampu botol dalam rangka Festival Monuntul

Saat menjelang pemasangan lampu, Pjs Walikota menyampaikan bahwa festifal monuntul merupakan kegiatan tradisi sejak dahulu kala di Bolaang Mongondow. “Ini merupakan tradisi turun temurun, sebagai tanda segera masuknya bulan Syawal atau Idul Fitri setelah melakukan puasa selama sebulan penuh,” ujar Rudi.

Pjs Walikota Kotamobagu saat memberikan sambutan dalam pembukaan Festival Monuntul Kotamobagu

Sampai dengan saat ini, kata Rudi  setiap tahunnya tradisi tersebut mulai berkembang hingga berkelanjutan. “Maka untuk melestarikan tradisi ini, Pemkot Kotamobagu mulai menggulir Festival MOnuntul yang mana kegiatan ini akan dilombakan di setiap Desa dan Kelurahan yang ada di Kotamobagu,” tambahnya.

Dalam lomba tersebut, Rudi mengatakan kalau Pemkot telah menyediakan hadiah, berupa trophy dan sejumlah uang pembinaan untuk pemenang dalam lomba monuntul tersebut.

Foto bersama Pjs Walikota usai pemasangan lampu botol di Kelurahan Motoboi Kecil

“Lomba ini pemkot akan memberikan hadiah bagi para juara, juga perlu diingatkan kepada kita semua supaya festival ini mari kita sama-sama semarakkan lomba monuntul yang masih dalam suasana ramadhan, karen bukan hadiahnya yang menjadi tujuan utama tetapi semarak dari lomba ini yang kita tuntun sama-sama,” tandasnya. (febri limbanon)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.