Potensi Budidaya Tanaman Kopi di Kotamobagu Tarik Perhatian Pemprov Sulut

Bagikan Artikel Ini:

 

Ilustrasi

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU – Potensi budidaya perkebunan kopi di wilayah Kotamobagu rupanya menarik perhatian dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara. Hal ini terbukti dengan kedatangan tim dari Dinas Perkebunan Sulut ke Kotamobagu, Rabu (19/09/2018) kemarin. Dimana, kedatangan tim dari Dinas Perkebunan Sulut tersebut dipusatkan di  Desa Bilalang I, Kecamatan Kotamobagu Utara,

“Mereka datang di Kotamobagu tepatnya di Desa Bilalang I, untuk memberikan pemahaman materi melalui sosialisasi soal gangguan hama pada tanaman Kopi di Kotamobagu, tentunya ini sangat baik sebab dapat menambah ilmu untuk merawat tumbuhan kopi, terlebih di perkebunan Desa Bilalang I sudah terkenal dengan tempat lahan kopi termasuk besar di Kotamobagu,” ujar Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Peternakan Kotamobagu, Muljadi Suratinojo. saat dikonfirmasi beritatotabuan.com, Kamis (20/09/2018)

Muljadi berharap, Masyarakat di Kotamobagu khususnya para petani kopi dapat mengambil perhatian terhadap materi yang disodorkan Dinas Perkebunan Sulut melalui sosialisasi yang dilaksanakan di Desa Bilalag I, agar dapat mengendalikan gangguan hama supaya bisa menghasilkan produk kopi yang berkualitas.

Terkait hal itu, masih kata Muljadi, dalam sosialisasi tersebut Pemerintah dari Dinas Perkebunan Sulut menyampaikan menyangkut bidang pertanian sebagian besar adalah usaha rakyat yakni 95 persen, sedangkan usaha pemerintah hanya 5 persen maka para petani bisa melaporkan ke Pemerintah apabila tanaman terkena hama dan pihak Pemerintah wajib membantu. Muda-mudahan sosialisasi yang telah dilakukan di Desa tersebut bisa menambah pengetahuan para pelaku tumbuhan kopi di Kotamobagu, ujarnya. (febri limbanon)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.