RSUD Kotamobagu Luncurkan Layanan Unit Transgusi Darah

Bagikan Artikel Ini:

 

RSUD Kotamobagu Luncurkan Layanan Unit Transgusi Darah

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU -Berbagai terobosan terus dilakukan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kotamobagu, sebagai rumah sakit rujukan di wilayah Bolaang Mongondow Raya dan sekitarnya, dimana salah satu diantaranya yakni dengan diluncurkannya layanan Unit Transfusi Darah (UTD) RSUD Kotamobagu, Senin 17 Oktober 2022.

Kepala Ruangan UTD RSUD Kotamobagu Titi Lumenta mengatakan, launching UTD yang digelar pada hari ini, dirangkaikan juga dengan aksi donor darah. “Ini pelayanan perdana donor darah di RSUD Kotamobagu, karena sebelumnya untuk bank darah kita hanya sebatas penyimpanan dan pengolahan darah saja,” ujarnya.

Lanjut Titi, dengan adanya fasilitas UTD, saat ini pihaknya sudah bisa melakukan layanan donor darah melalui berbagai proses pengelolaan. Mulai rekrutmen donor, seleksi donor, pengambilan darah atau aftap hingga pemeriksaan 4 jenis parameter penyakit sampai darah siap pakai. “Untuk pengelolaan darah seperti aftap, sebelumnya kami kerjasama dengan PMI, tapi sekarang sudah kita kelola sendiri, jadi pelayanan darah sudah bisa dilakukan di Unit Transfusi Darah RSUD Kotamobagu,” ungkapnya.

Ia pun berharap, dengan adanya UTD bisa membantu masyarakat khususnya untuk kebutuhan darah. “Harapan kami bisa membantu pelayanan terutama orang-orang yang memerlukan darah,” tuturnya.

Lebih lanjut, Titi pun mengajak masyarakat untuk memanfaatkan kehadiran UTD RSUD Kotamobagu melalui aksi donor, terutama bagi mereka yang rutin melakukan donor darah secara berkala. “Kedepannya kami juga berharap bisa menuju UTD dengan standar sertifikasi CPOB dengan pelayanan yang lebih baik lagi. Karena baru mulai jadi bertahap menuju ke arah sana,” pungkasnya. (*/junaidi amra)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.