RSUD Pobundayan Kotamobagu Bakal Jadi BLUD di Tahun 2022

Bagikan Artikel Ini:

 

RSUD Pobundayan KotamobaguBERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU –Rumah Sakit Umum Daerah atau RSUD Pobundayan Kotamobagu, yang terletak di Kecamatan Kotamobagu Selatan,  akan segera menjadi Badan Layanan Umum Daerah atau BLUD di tahun 2022 nanti.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Bagian Umum RSUD Pobundayan Kotamobagu Tofan Simbala SFarm kepada awak media, Senin 20 Desember 2021. “Per 1 Januari kita sudah menjadi Badan Layanan Umum Daerah atau BLUD Insya Allah,”  ungkap Tofan Simbala SFarm.

Tofan Simbala menambahkan, ketika sudah menjadi Badan Layanan Umum Daerah atau BLUD, maka proses pengelolaan rumah sakit akan dikelola sepenuhnya oleh manajemen rumah sakit. “Jadi Ketika sudah menjadi BLUD, maka  APBD sudah tidak lagi mengcover untuk biaya operasional rumah sakit, kecuali 3 item, yakni gaji ASN, honor Tenaga Harian Lepas atau THL, dan juga TPP dari ASN. Selain itu, untuk pembangunan fisik masih masuk dalam APBD. Tetapi selain dari itu, mulai dari seluruh biaya rutin rumah sakit, berupa obat, makan minum, dan beberapa item lain termasuk barang habis pakai, itu kita yang Kelola, sesuai pendapatan rumah sakit,” jelasnya.

Tofan mengungkapkan, untuk saat ini ada 3 Rumah Sakit Umum Daerah atau RSUD yang telah menjadi Badan Layanan Umum Daerah atau BLUD di Provinsi Sulawesi Utara. Yakni di Kabupaten Minahasa, Sangihe, dan juga Kabupaten Minahasa Utara. “Insya Allah nanti kami Rumah Sakit Umum Daerah yang ada di Kotamobagu akan menjadi yang keempat untuk BLUD di Sulut,” tuturnya. (mg1)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.